KTB Targetkan 40.500 unit Fuso All Varian Terjual di 2016

Memasuki kuartal pertama 2016, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), authorized distributor kendaraan Mitsubishi di Indonesia mengumumkan keberhasilan Mitsubishi Fuso mencapai 47 persen pangsa pasar sepanjang tahun lalu di tengah lesunya ekonomi dan penurunan pasar otomotif secara keseluruhan. Menurut Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur KTB, perusahaan mematok target penjualan unit Mitsubishi Fuso di 2016 sesuai dengan prediksi GAIKINDO yang menyatakan bahwa pasar otomotif Indonesia akan tumbuh sekitar 5%.

Mitsubishi Fuso

Mitsubishi Fuso

Dari catatan Gaikindo, di kelas light duty truck (LDT), dimana si Kepala Kuning Colt Diesel menguasai 54,8% pangsa pasar di kelas tersebut. Sedangkan di kelas medium duty truck (MDT), Fuso mencatat perolehan 23,8% pangsa pasar. Tak hanya pencapaian market share yang positif, Mitsubishi Fuso juga meluncurkan dua varian terbarunya yaitu Tractor Head FZ4928 dan FZ4028.

“Secara volume kami targetkan naik 5% atau setara dengan 40.500 unit di 2016. Namun untuk pangsa pasar kami mau tembus 50% dalam tiga tahun mendatang. Karena naik turun pasar itu hal yang bisa saja terjadi, namun yang terpenting pangsa pasarnya jangan sampai ikut turun” ungkap Ishimaki.

Kata Ishimaki, ada tiga strategi yang diterapkan KTB untuk mencapai target di 2016 yakni Zero Down Time, adalah strategi yang mengedapankan pada fasilitas dan pelayanan after sales service dengan kualitas tinggi yang dapat dilaksanakan tanpa mengganggu waktu operasional kendaraan konsumen. Zero down time diwujudkan melalui layanan 24 jam berupa Truck Center yang hanya dimiliki oleh Mitsubishi Fuso dan tidak dapat ditemui di kompetitor lain karena biasanya layanan kendaraan niaga hanya dapat ditemukan pada jam kerja pada umumnya.

Kemudian Best Life Cycle Value, adalah strategi untuk memberikan pilihan produk yang berkualitas sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing konsumen. Ketika kompetitor lain gencar memberikan discount, Mitsubishi Fuso fokus pada kualitas produk dan layanan purna jual yang diberikan. Strategi terakhir yaitu Customer’s Business Consultant merupakan komunikasi yang baik antara KTB, dealer dan konsumen. KTB secara konsisten menyelenggarakan gathering konsumen dan berjalan dengan baik tiap tahunnya. KTB mengembangkan & membangun komunikasi dengan konsumen, disinilah kesempatan Mitsubishi Fuso untuk masuk ke dalam target market yang baru.

Tidak sampai di penetapan target semata, KTB juga tidak ingin melewatkan peluang begitu saja. Sepanjang tahun, KTB akan melengkapi jajaran produknya dengan meluncurkan 10 varian baru. Sebagai tahap awal, KTB menghadirkan Tractor Head FZ4928 dan FZ4028.  Produk ini  disasar untuk berbagai segmen usaha. Kedua produk ini dapat digunakan untuk mengangkut consumer goods, kargo ekspedisi, bahan konstruksi, car carrier, semen dan pipa, minyak, mineral dan bahan bakar. *

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)