Kupas Tuntas Penggunaan Aplikasi Percakapan di "Gerakan Nasional Literasi Digital 2022 Jawa Timur"

MIX.co.id - Saat ini, ada jutaan aplikasi di App Store dan toko aplikasi Android, yang menawarkan layanan aplikasi. Sebagai dasar dari ekonomi seluler. aplikasi telah membantu menciptakan sejumlah industri multi-miliar dolar. Contohnya, game seluler, yang sekarang mampu menghasilkan pendapatan lebih dari $ 30 miliar per tahun. Sementara itu, aplikasi dari perusahaan media sosial seperti Facebook secara besar-besaran telah berkontribusi pada pendapatan multi-miliar dolar mereka setiap kuartal. Fakta-fakta tersebut dibahas tuntas pada acara webinar yang digelar Kominfo dan Siber Kreasi bertajuk "Gerakan Nasional Literasi Digital 2022 Jawa Timur".

Diungkapkan salah satu pembicara M. Adhi Prasnowo, yang juga Dosen Praktisi Digital Ethic, pada webinar yang digelar Juni lalu,  “Dalam menggunakan aplikasi yang aman, perlu adanya beberapa aspek yang harus diperhatikan, yaitu memastikan koneksi internet cepat dan selalu stabil jaringannya, pastikan kuota cukup atau disarankan menggunakan WiFi, pastikan juga baterai saat melakukan pembaruan cukup, melakukan restart sebelum melakukan pembaruan, dan menutup aplikasi yang berjalan saat akan melakukan pembaruan atau update."

Lebih jauh ia menyarankan, untuk semakin aman dalam menggunakan aplikasi gunakanlah kode keamanan seperti PIN, dua faktor identifikasi (2FA), dan kode OTP.
"Dengan adanya webinar ini, masyarakat diharapkan lebih sadar kembali akan keamanan dalam menggunakan aplikasi percakapan. Tidak hanya tahu untuk memakainya saja, tapi juga harus mengetahui cara agar hal-hal yang bersifat privasi dari mereka tidak tersebar luas," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)