MIX.co.id - SEOCon Jakarta 2023 akan kembali digelar selama dua hari, 24-25 Mei 2023, di The Kasablanka Hall, Jakarta. Konferensi SEO terbesar di Indonesia itu akan mengusung tema “Performance-Oriented Marketing” atau strategi pemasaran yang berorientasi pada hasil akhir, seperti jumlah download, click, engagement, dan sebagainya.
Diungkapkan Ryan Kristo Muljono, CEO ToffeeDev dan Toffee Events, performance marketing menjadi tren yang berkembang pesat di dunia, terutama karena bisnis bisa mengukur hasil marketing secara nyata dan transparan, sehingga mengurangi risiko kerugian atau kurangnya efisiensi.
Lebih jauh ia menjelaskan, di SEOCon Jakarta, para praktisi industri dan pembicara ahli akan membagikan insight mereka terkait tren digital marketing yang patut dicermati di Indonesia maupun di seluruh dunia. Dia mencontohkan, Gianluca Fiorelli dari ILoveSEO akan memberikan petunjuk praktis tentang cara mengeksekusi strategi SEO internasional. Sementara itu, Irvan Sanjaya dari tim SEO Blibli, akan membahas tentang integrasi SEO ke kanal pemasaran lain untuk memaksimalkan keuntungan bisnis. Sementara itu, Ricky Haryadi dari Microsoft akan memaparkan terkait teknologi terbaru Bing dan Edge yang telah meluncurkan mesin pencarian dengan tenaga AI.
“Topik-topik yang dipilih untuk pembahasan SEOCon Jakarta 2023 sangat relevan dengan tren yang bergulir di seluruh dunia. Beberapa tren terbaru dari revolusi digital marketing adalah penggunaan virtual dan augmented reality (VR & AR), Artificial Intelligence (AI), influencer, dan melonjaknya popularitas video berdurasi pendek. Tren seperti itu yang akan disajikan di SEOCon Jakarta tahun ini,” urainya.
Tidak hanya itu, tersedia pula kelas digital marketing yang difasilitasi oleh para ahli di bidangnya. Di hari pertama, topik yang dibahas adalah performa strategi marketing dan upaya memaksimalkan pemasaran bisnis. Sementara di hari kedua, audiens bisa memilih beberapa kelas yang memiliki tema khusus, seperti performa, strategis, dan analisis.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, di SEOCon Jakarta 2023, disajikan Welcoming Dinner, yang bertujuan untuk memperluas networking dengan mempertemukan para partisipan VIP dan pembicara dalam acara hiburan pada hari pertama. SEOCon Jakarta 2023 juga akan dimeriahkan dengan Digital Marketing Expo yang dihadiri puluhan tenants dari kalangan profesional, wirausaha, dan marketer, dimana mereka menawarkan jasa ataupun tools untuk membantu eksekusi digital marketing.
“SEOCon Jakarta kali ini menyasa para digital marketing enthusiast, marketer, pemilik dan pelaku bisnis, praktisi media, influencer, dan siapapun yang ingin meningkatkan performa bisnis mereka,” imbuhnya.
Tiket untuk SEOCon Jakarta dijual mulai dari Rp 497.000 dan tersedia di website Seocon.id. Sejak digelar pertama kali pada tahun 2019, acara ini mengumpulkan total lebih dari 10 ribu partisipan tiap tahunnya. Pada tahun 2022, SEOCon juga berhasil mempersembahkan SEOCon Forum Bali 2022 dengan seratus partisipan dan pembicara dari dari Amerika Serikat, Inggris, Australia, Singapura, Thailand, Filipina, dan sebagainya.