MIX.co.id - Community marketing menjadi salah satu strategi yang efektif dalam membangun brand engagement dengan calon pelanggan. Yuswohady, pengamat pemasaran sekaligus penulis berbagai buku pemasaran yang best seller, menegaskan bahwa kunci penting dalam membangun engagement yang kuat adalah dengan membangun komunitas terlebih dahulu.
“Komunitas terbentuk karena ada kesamaan goal atau interest, sehingga ikatan atau engagmeent menjadi kuat sekali. Ini penting karena antara brand dan kustomer harus ada koneksi. Artinya, koneksi terjadi jika ada interaksi terus menerus, antara lain melalui komunitas. Selanjutnya, yang harus dilakukan adalah interaksinya harus menghasilkan value bagi kustomer dan brand,” kata Yuswohady.
Tak heran, jika banyak brand memilih community marketing menjadi salah strategi kuncinya. Termasuk, brand yang berkecimpung di indsutri peralatan olahraga, seperti ASICS. Merek sepatu dan peralatan olahraga asal Jepang ini, menyadari bahwa kekuatan komunitas dapat membantunya dalam membangun engagement dengan para pecinta lari di Tanah Air.
Oleh karena itu, ASICS menghadirkan platform ASICS Running Club, yang merupakan platform komunitas lari bagi para pelari yang memiliki keinginan untuk saling menginspirasi dalam semangat #LiveUplifted ASICS. Termasuk, untuk meningkatkan performa lari mereka berlandaskan teknologi ASICS yang dikomibinasikan dengan pengetahuan tentang lari secara keseluruhan.
Kegiatan ASICS Running Club ID dimulai pada 2022 lalu, dengan memilih para ASICS Running Leads melalui seleksi dari berbagai kegiatan ASICS Running Class, yang meliputi berbagai pembekalan pengetahuan mengenai lari dan Teknologi ASICS, personal branding, public speaking, dan pembuatan konten. Para ASICS Running Leads merupakan sosok-sosok pelari terpilih yang akan turut serta membangun dan mengembangkan ASICS Running Club pada tahun-tahun mendatang.
Tahun 2023, ASICS menggelar program “Open Recruitment for ASICS Running Club-Marathon Team”. Melalui program ini, ASICS membuka kesempatan bagi 20 orang pelari yang akan berlari marathon di Pocari Sweat Run Indonesia 2023 untuk bergabung dalam ASICS Running Club-Marathon Team.
Para pelari terpilih berkesempatan memperoleh program pelatihan spesifik di bawah arahan ASICS Running Club Coach, yakni Coach Andriyanto. Mereka juga akan didukung oleh teknologi sepatu ASICS terkini. Hasilnya, 20 pelari terpilih untuk mengikuti training selama tiga bulan bersama coach Andriyanto, termasuk Strenght training dari pelatih Pelatnas setiap Kamis malam, di Gelora Bung Karno, Jakarta. Pada kesempatan ini, ASICS juga memilih Media dan Sport Influencer untuk ikut serta dalam pelatihan. Jurnalis MIX termasuk media yang mendapat kepercayaan untuk berpartisipasi.
Selain itu, secara berkala, ASICS juga mengundang masyarakat umum ikut pelatihan bareng ASICS Running Club. Paling anyar, hari ini (18/6), ASICS Running Club menggelar Long Run Session 15-21K untuk umum. Masyarakat umum yang ingin berpartisipasi cukup dengan mengisi link registrasi di bio akun IG @asicsrunningclub_id atau di story, serta bisa langsung bergabung di Hari H.
KUSTOMISASI PROGRAM PELATIHAN
Sebelum mengikuti program pelatihan secara eksklusif untuk Pocari Sweat Run 2023, para pelari terpilih diundang untuk mengikuti sesi briefing. Pada kesempatan ini, coach Andriyanto menyampaikan beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam menjalani program marathon. Salah satunya adalah teknik fueling dan bagaimana membagi pola Easy Run dalam seminggu serta Long Run di akhir minggu.
Selanjutnya, seluruh pelari diundang ke dalam grup WhatApps...