Unit Link merupakan produk yang tengah menjadi tren di industri asuransi. Merujuk data Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia, pertumbuhan produk Unit Link pada tahun 2017 mencapai 14,4% jika dibandingkan tahun 2016. Bahkan, dari total premi Rp 254,22 triliun, kontribusi produk Unit Link mencapai 53,1%. Nilai itu lebih tinggi dari produk tradisional yang mencapai 46,9%.
Tak heran, jika salah satu pemain di industri asuransi Indonesia, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), memutuskan untuk menggenjot produk Unit Link-nya. Antara lain, dengan meluncurkan produk asuransi Unit Link terbarunya, yaitu PRUlink generasi baru dan PRUlink syariah generasi baru, pada hari ini (20/9), di Jakarta.
Dikatakan Jens Reisch, Presiden Direktur Prudential Indonesia, tren di industri menunjukkan produk unit link terus diminati masyarakat dan menjadi pendorong pertumbuhan industri asuransi jiwa. “Kami bersyukur Prudential terus dipercaya sebagai pemimpin pasar melalui produk-produk asuransi jiwa unit link kami. Kami terus meningkatkan keahlian kami, dan kali ini menawarkan kepada para nasabah dua inovasi produk unit link terbaru Prudential, yaitu PRUlink generasi baru dan PRUlink syariah generasi baru,” tegasnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan, ada sejumlah added value yang ditawarkan produk baru tersebut. Di antaranya, adanya fitur PRUbooster investasi, yang merupakan pertama kali di pasar, di mana nasabah akan mendapatkan tambahan alokasi investasi setiap tahunnya.
Selain itu, nilai tambah berupa fitur PRUbooster proteksi, di mana nasabah dapat memilih agar uang pertanggungannya meningkat setiap tahun, tanpa perlu pernyataan kesehatan.
Bahkan, produk baru tersebut juga menghadirkan beragam pilihan manfaat tambahan (riders), termasuk dua rider baru, PRUtotal & permanent disablement dan PRUcritical hospital cover, yang keduanya memiliki opsi konvensional maupun syariah, serta dana investasi sesuai toleransi risiko nasabah.
“Berdasarkan hasil survei, Prudential melihat mayoritas konsumen menekankan kebutuhan mereka untuk mempersiapkan masa pensiun, biaya rumah sakit, pendidikan anak, serta perlindungan sakit kritis sebagai alasan utama dalam memilih produk unit link,” lanjutnya.
Bersama peluncuran itu, Prudential juga memperkenalkan dua dana investasi baru yang dapat dipilih untuk produk PRUlink generasi baru. Pertama, PRUlink Rupiah Global Low Volatility Equity Fund yang diharapkan memberi kestabilan melalui pemilihan saham global yang memberikan dividen tinggi. Kedua, PRUlink Rupiah Global Emerging Market Equity Fund yang berinvestasi ke dalam perusahaan-perusahaan di pasar-pasar negara berkembang yang bertumbuh pesat untuk mengupayakan hasil investasi yang lebih tinggi di jangka panjang.