Langkah Tokopedia Dukung Perempuan Pelaku UMKM

MIX.co.id - Data BPS tahun 2021 mengungkapkan bahwa perempuan mengelola 64,5% dari total UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia atau sekitar 37 juta UMKM. Di tahun 2025, diproyeksikan total nilainya mencapai sebesar US$ 135 miliar.

Dikatakan External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz, “Tokopedia mencatat Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar, dan Denpasar merupakan beberapa daerah dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha di Tokopedia dengan rata-rata kenaikan lebih dari 2,5 kali lipat selama tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020 saat pandemi lalu. Sementara itu, beberapa subkategori di Tokopedia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pelaku usaha dalam periode yang sama, yaitu Perawatan Hewan, Buku, Perlengkapan Pesta, Pertukangan serta Perlengkapan Alat Tulis Kantor dan Sekolah."

Lebih jauh ia menegaskan, Tokopedia juga mencatat beberapa daerah di Indonesia yang mengalami kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli, meliputi Tangerang, Cirebon, Klaten, Manado, dan Pangkal Pinang, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 22 kali lipat. Sedangkan Perawatan Hewan, Makanan dan Minuman serta Perlengkapan Pesta merupakan beberapa subkategori dengan kenaikan tertinggi jumlah perempuan pembeli Tokopedia.

Salah satu upaya Tokopedia dalam berinvestasi pada perempuan adalah berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) lokal mengadakan Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD) untuk memberikan pelatihan digitalisasi UMKM dan literasi keuangan secara digital kepada perempuan pelaku usaha lokal.

“Selama tahun 2023, Tokopedia bersama Pemda telah membantu lebih dari 800 perempuan pelaku UMKM dari berbagai daerah meliputi Medan, Bandung, Semarang, Surabaya, Surakarta, Yogyakarta hingga Bali,” jelas Rizky.

Selain itu, bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) RI, Tokopedia juga telah meluncurkan Modul Perempuan Maju Digital yang tersedia secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller untuk memberikan pembekalan edukasi dan pendampingan bagi perempuan pelaku usaha. "Berbagai topik pembahasan bisa ditemukan di Modul Perempuan Maju Digital, di antaranya 'Langkah Awal Pemberdayaan Bisnis Usaha Perempuan',” lanjut Rizky.

Agar para pelaku usaha di Indonesia, termasuk perempuan pelaku UMKM lokal, bisa mempersiapkan bisnis dengan lebih baik jelang dan saat bulan Ramadan 2024 mendatang, Tokopedia memiliki kurikulum #SIAPRAMADAN di Pusat Edukasi Seller. Para pelaku usaha pun bisa mempersiapkan dalam rangka menyambut kampanye Ramadan Ekstra Seru yang berlangsung hingga 5 April 2024 melalui aplikasi dan situs Tokopedia serta Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok.

Terkait pelaku UMKM perempuan, Kumala Home and Kitchen merupakan salah satu perusahaan yang merangkul perempuan perajin lokal.

Yenny Kusuma Hendra adalah sosok di balik kesuksesan Kumala Home and Kitchen, bisnis keluarga yang telah berdiri sejak 2003 dan bergerak di bidang peralatan serta perlengkapan rumah tangga dan dapur.

Melihat adanya ketimpangan perhatian masyarakat terhadap produk keramik buatan lokal, Yenny menghadirkan brand ‘Sero’ yang menjual aneka produk rumah tangga dari bahan keramik lokal, di bawah naungan Kumala Home and Kitchen.

“Kami bekerja sama dengan sejumlah pabrik artisan keramik di wilayah Sumatra, Jawa Timur hingga Bali untuk menyediakan produk-produk rumah tangga berbahan keramik lokal di Kumala Home and Kitchen. Semua produk kami semi-handmade, yang dibuat oleh para perajin lokal dimana 70% di antaranya adalah perempuan,” kata Yenny.

Demi memperluas pasar keramik lokal, Kumala Home and Kitchen bergabung dengan Tokopedia pada 2018. Sejumlah kampanye dan fitur, salah satunya TopAds, dimanfaatkan Yenny untuk mengembangkan usahanya. Yenny menambahkan, “Berkat berbagai kemudahan yang dihadirkan Tokopedia, transaksi penjualan online Kumala Home and Kitchen, hampir 70% berasal dari Tokopedia.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)