Berkolaborasi dengan LinkAja, Pegadaian resmi merilis fitur layanan Pegadaian di aplikasi LinkAja, pada hari ini (24/2). Kolaborasi ini merupakan bentuk komitmen Pegadaian dan LinkAja dalam menyediakan kemudahan layanan keuangan digital, khususnya produk-produk yang dimiliki Pegadaian.
Layanan pergadaian yang dihadirkan pada aplikasi LinkAja antara lain pembukaan dan pembelian/ top up Tabungan Emas, pembayaran cicilan mikro seperti pinjaman bermotor dan pembiayaan, serta pembayaran penebusan dan pengulangan gadai.
Dituturkan Teguh Wahyono, Direktur Teknologi Informasi dan Digital PT Pegadaian (Persero), “Sebagai Badan Usaha Milik Negara, kami berkomitmen untuk dapat menghadirkan ekosistem digital inklusif yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.”
Sinergi yang dilakukan Pegadaian bersama LinkAja, menurutnya, merupakan perwujudan salah satu misi Pegadaian dalam memperluas jangkauan layanan serta memberikan service excellence yang fokus pada bisnis proses yang lebih sederhana dan digital.
“Peran LinkAja sebagai uang elektronik nasional juga sangat penting sebagai katalisator kami untuk dapat menambah channel baru bagi masyarakat yang ingin memperoleh produk Pegadaian,” ungkap Teguh, yang menyebutkan saat ini jumlah nasabah Pegadaian mencapai 7 juta, dengan mayoritas adalah nasabah Tabungan Emas.
Ditambahkan Edward Kilian Suwignyo, Direktur Marketing LinkAja, “Sebagai uang elektronik nasional yang bertujuan untuk mendukung pemerintah meningkatkan inklusi keuangan dan ekonomi, sinergi dengan Pegadaian dapat membawa kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses beragam produk Pegadaian melalui LinkAja.”
Dengan berfokus memberikan layanan keuangan digital untuk masyarakat kelas menengah dan UMKM, LinkAja berharap masyarakat dapat memaksimalkan berbagai produk Pegadaian yang bermanfaat untuk investasi dan kemajuan usaha.
“Kami harap semakin banyak masyarakat yang terhubung dengan akses layanan keuangan digital, tujuan besar kami untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kemandirian ekonomi akan segera tercapai,” harap Edward.
Dalam rangkaian peluncuran ini, program promosi dihadirkan. Antara lain, cashback Tabungan Emas Rp 10.000 untuk pembelian atau top up Tabungan Emas minimal Rp 100.000, dan cashback pembayaran cicilan sebesar Rp 5.000.
Hingga akhir Januari 2021, diuraikan Edward, LinkAja telah memiliki lebih dari 65 juta pengguna terdaftar dan telah dapat digunakan di lebih dari 1 juta merchant lokal dan lebih dari 349 ribu merchant nasional di seluruh Indonesia.