Rise Against Hunger 2019 - Jakarta
Sejalan dengan tujuan global The Kraft Heinz Company: “Let’s Make Life Delicious”, Kraft Heinz Indonesia juga terus berkomitmen untuk memberi dampak positif di Tanah Air; menciptakan masyarakat yang sehat serta lingkungan yang berkelanjutan bagi semua.
Dalam momentum Hari Pangan Sedunia yang dirayakan pada 16 Oktober 2021 lalu, tim MIX berkesempatan berbincang dengan Managing Director Kraft Heinz Indonesia & PNG, Steven Debrabandere. “Hari Pangan Sedunia selalu menjadi momentum baik bagi seluruh keluarga besar Kraft Heinz untuk memperkokoh komitmen kami. Dengan tema besar perayaan tahun ini “Our Actions Are Our Future”, misi kami juga untuk menjadi perusahaan makanan dan minuman terdepan yang unggul dalam inovasi, mutu, serta tetap menjaga tata kelola lingkungan dan sosial bagi kehidupan yang berkelanjutan. “Ke-empat sub tema Hari Pangan Sedunia tahun ini adalah produksi, nutrisi, lingkungan, dan kehidupan yang lebih baik. Hal ini merupakan sebuah perjalanan dan kami akan menerjemahkannya dalam aksi nyata secara berkesinambungan” jelas Steven.
Better Production, Better Nutrition, Better Environment, Better Life
Dari segi produksi, Kraft Heinz berkomitmen untuk menerapkan pemilihan dan penggunaan bahan baku yang bertanggung jawab (responsible sourcing), baik bahan produksi maupun bahan untuk kemasan produk, seperti diantaranya komitmen penggunaan 100% RSPO palm oil serta 100% recycled packaging cartons. Ke depan, Kraft Heinz juga menargetkan untuk turut mendorong proses daur ulang kemasan plastik serta menggunakan bahan baku daur ulang pada kemasannya.
Inovasi penggunaan bahan pengawet buatan menjadi pengawet alami juga menjadi salah satu sasaran utama Kraft Heinz untuk membantu merealisasikan dunia dengan nutrisi yang lebih baik. Hal ini juga termasuk pengurangan gula dan garam secara berkala.
Steven Debrabandere, Managing Director Kraft Heinz Indonesia & PNG
Menurut Steven, saat ini terhitung lebih dari 80 juta US dollar telah diinvestasikan Kraft Heinz Indonesia untuk ekspansi bisnisnya di Indonesia. Salah satunya difokuskan pada perluasan dan modernisasi fasilitas produksi di Karawang. “Selain perluasan, pdi Karawang, Jawa Barat akan menggunakan berbagai inovasi teknologi yang ramah lingkungan, termasuk penggunaan solar panel dan pemanfaatan bahan bakar sekam padi untuk mengurangi emisi CO2 secara signifikan” jelas-nya.
Food Donation untuk kemanusiaan
Kraft Heinz memandang isu global hunger dengan sangat serius, karenanya berbagai program dan kolaborasi untuk turut memerangi kelaparan telah menjadi bagian dari komitmen kami secara berkesinambungan. “Bagi kami program pengentasan kelaparan bukanlah program satu hari semata. Hal ini telah menjadi salah satu fokus kami secara global.” Kraft Heinz percaya bahwa tidak ada makanan yang boleh terbuang sia-sia di saat masih ada orang lain yang tidur dalam keadaan lapar.
Sejak 2013, secara global Kraft Heinz sudah bermitra bersama ‘Rise Against Hunger’. Bahkan pada pertengahan 2021 lalu, The Kraft Heinz Company Foundation mengumumkan tambahan 12 juta US dollar untuk membagikan 748,5 juta paket makanan kepada kelompok masyarakat yang rentan. Dana ini sekaligus akan mendorong target perusahaan secara global, yakni menyediakan 1,5 miliar paket makanan bagi mereka yang membutuhkan pada tahun 2025.
Sumbangan Paket Sembako Isoman Covid19
Di Indonesia, sejak 2015 lalu, sudah hampir 700.000 paket donasi makanan disalurkan ke mereka yang membutuhkan. Beberapa di antaranya adalah 110.000 paket makanan dan produk ABC untuk para korban bencana, 117.000 paket makanan dan juga produk ABC untuk masyarakat terdampak COVID, 16.800 paket sarapan untuk anak-anak kurang melalui program “Semangat Pagi Indonesia” dan 3.000 paket makanan beserta produk ABC untuk pasien COVID-19 di wilayah Karawang dan Jabodetabek. Kegiatan ini dilakukan dengan berkolaborasi bersama Foodbank of Indonesia dan Foodcycle Indonesia.
Steven Debrabandere melihat peran nyata untuk memerangi global hunger ini juga selangkah dengan nilai ‘do the right thing’ yang dihidupi oleh seluruh keluarga besar Kraft Heinz, dimana melalui kegiatan food donation perusahaan juga melakukan aktivasi volunterisme internal bersama para karyawannya. Melalui kemitraan dengan ‘Rise Against Hunger’ setidaknya 43.500 pekerja Kraft Heinz di seluruh dunia telah ambil bagian dalam menyiapkan paket makanan ke komunitas-komunitas yang ada di sekeliling mereka. Menurut Steven, ini merupakan sesuatu yang istimewa dan tidak ternilai harganya.
“Setiap harinya kami berupaya menciptakan produk-produk terbaik bagi keluarga Indonesia, dengan terus berinovasi untuk penyediaan nutrisi yang lebih baik, dampak lingkungan yang lebih baik, sambil terus menjadi bagian dari solusi untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih baik”. Jika semua itu dijalankan, Steven yakin, perusahaan akan tumbuh secara berkesimbungan bersama-sama dengan Indonesia.