Merujuk data Hootsuite pada Januari 2020 lalu, terjadi peningkatan pengeluaran belanja online untuk kategori elektronik di tahun 2019, yakni sebesar 48%. Peningkatan Ini bagi PT Sharp Electronics Indonesia merupakan peluang untuk meningkatkan performa penjualan online. Sebab, sampai saat ini, di Sharp, kontribusi dari penjualan online masih di bawah 10%.
Dikatakan Andry Adi Utomo selaku National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, berangkat dari fakta itu, Sharp meluncurkan Electronic Store (SHARP E-Store) pada penghujung Desember ini (22/12). Toko elektronik ini merupakan upaya Sharp dalam mengembangkan bisnisnya guna mengakomodasi perubahan perilaku konsumen yang sudah mulai nyaman berbelanja produk elektronik secara online. Sharp E-Store ini juga untuk menjawab tantangan jaman yang semakin serba digital.
“Melalui SHARP E-Store, kami memberikan kemudahan bagi konsumen setia kami untuk bisa mendapatkan produk–produk kami dengan mudah, tanpa harus melakukan kunjungan ke toko. Cukup dengan berbekal perangkat gawai, konsumen dapat melakukan transaksi pembelian dengan ringkas,” yakin Andry.
Menjadi bagian dari www.id.sharp, SHARP E–Store akan mengklasifikasi kategori produk baru secara ekslusif, seperti sepeda, masker, dan aneka produk unik lainnya. “Untuk mengaksesnya cukup mudah, Konsumen dapat mengunjungi situs Sharp lalu meng-klik ikon E-Store yang terletak di kolom sisi sebelah kanan atas, konsumen bisa langsung menelusuri produk-produk yang ditawarkan,” paparnya.
Memiliki sekitar 10 ribu toko rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia dan lebih dari 1o toko online tidak menghentikan Sharp untuk terus melakukan ekspansi bisnisnya. “Strategi kami dalam menghadapi tantangan era digital adalah dengan menggabungkan pemasaran offline dan online bersama–sama. Kami percaya dengan dukungan dan kepercayaan dari semua pihak, baik rekan dealer offline dan online, kita semua akan sukses dan maju bersama,” tandas Andry.
Sharp menargetkan 1 juta pengunjung di bulan pertama peluncuran Sharp E-Store. Ke depannya, lanjut Andry, Sharp E-Store juga akan membantu dalam memasarkan dan mempromosikan produk-produk pelaku UMKM binaan Sharp sebagai kontribusi tanggung jawab sosialnya dalam mendukung program pemerintah untuk meningkatkan performa UMKM di platform digital.