Setelah Wings Group melempar ready to drink (RTD) tea dengan merek Javana, giliran Ultrajaya meluncurkan RTD Tea dalam kemasan botol PET dengan merek Kiyora pada hari ini (29/4). Peluncuran Kiyora boleh jadi merupakan upaya Ultrajaya dalam membesarkan pasar RTD Tea. Maklum saja, di pasar RTD Tea, kemasan bitol PET pertumbuhannya yang paling tinggi, dibandikan jenis gelas, botol beling, maupun kemasan karton.
Ultrajaya siap perketat persaingan di segmen RTD Tea dengan meluncurkan brand Kiyora
Sebelumnya, Ultrajaya sudah memiliki RTD Tea dalam kemasan karton dengan merek Teh Kotak, yang telah diluncurkan sejak tahun 1979. Teh Kotak sendiri sudah menjadi market leader di pasar teh dalam kemasan karton dengan pangsa pasar 70 persen.
Kali ini, dalam memproduksi Kiyora, Ultrajaya menggandeng Ito En Ltd. sebagai produsen terbesar teh hijau terbesar di Jepang. Melalui joint venture itu didirikan perusahaan patungan di tahun 2013 dengan nama PT Ito En Ultrajaya Wholesale dan PT Ultrajaya Ito En Manufacturing.
Diungkapkan Tarsisius Marianto, Head of Marketing PT Ito En Ultrajaya Wholesale, pasar RTD Tea di Indonesia masih sangat menjanjikan. Terutama teh dalam kemasan botol PET. "Bisa dilihat dari data, menunjukkan pertumbuhan pasar RTD Tea kemasan botol mencapai 50 persen di tahun 2013 dan tumbuh 20 persen di tahun 2014," kata Tarsisius, yang menyebutkan Kiyora juga membidik segmen anak muda.
Mencoba berbeda dengan merek-merek incumbent, Kiyora menggunakan teknologi UHT dengan pengisian apsetik, hingga membuat kandungan di dalamnya tetap terjaga serta mampu menghasilkan tiga varian Kiyora sekaligus. Yakni, Kiyora Green Tea Jasmine, Kiyora Extra Green Tea Jasmine, dan Kiyora Milk Tea.
"Kami juga meluncurkan Kiyora Matcha Latte, minuman teh hijau matcha susu dalam bentuk kemasan botol PET pertama di Indonesia. Saat ini, matcha sedang menjadi tren yang mendunia, dan hadir dalam aneka bentuk es krim, permen, kue, dan lain sebagainya. Untuk itu, kami membawa tren global ke Indonesua melalui Kiyora Matcha Latte," ia menambahkan.
Demi mensukseskan Kiyora, sejumlah strategi siap dilancarkan. Antara lain, dengan menggelar kegiatan Above the Line seperti iklan TVC dan Below the Line. Termasuk, talkshow dengan media yang menghadirkan artis muda Tasya Kamila.
(Simak kupasan mendalam tentang persaingan pasar RTD Tea di Majalah Mix)