Categories: News Trend

Luncurkan Kiyora, Ultrajaya Genjot Pasar RTD Tea

Setelah Wings Group melempar ready to drink (RTD) tea dengan merek Javana, giliran Ultrajaya meluncurkan RTD Tea dalam kemasan botol PET dengan merek Kiyora pada hari ini (29/4). Peluncuran Kiyora boleh jadi merupakan upaya Ultrajaya dalam membesarkan pasar RTD Tea. Maklum saja, di pasar RTD Tea, kemasan bitol PET pertumbuhannya yang paling tinggi, dibandikan jenis gelas, botol beling, maupun kemasan karton.

Ultrajaya siap perketat persaingan di segmen RTD Tea dengan meluncurkan brand Kiyora

Sebelumnya, Ultrajaya sudah memiliki RTD Tea dalam kemasan karton dengan merek Teh Kotak, yang telah diluncurkan sejak tahun 1979. Teh Kotak sendiri sudah menjadi market leader di pasar teh dalam kemasan karton dengan pangsa pasar 70 persen.

Kali ini, dalam memproduksi Kiyora, Ultrajaya menggandeng Ito En Ltd. sebagai produsen terbesar teh hijau terbesar di Jepang. Melalui joint venture itu didirikan perusahaan patungan di tahun 2013 dengan nama PT Ito En Ultrajaya Wholesale dan PT Ultrajaya Ito En Manufacturing.

Diungkapkan Tarsisius Marianto, Head of Marketing PT Ito En Ultrajaya Wholesale, pasar RTD Tea di Indonesia masih sangat menjanjikan. Terutama teh dalam kemasan botol PET. “Bisa dilihat dari data, menunjukkan pertumbuhan pasar RTD Tea kemasan botol mencapai 50 persen di tahun 2013 dan tumbuh 20 persen di tahun 2014,” kata Tarsisius, yang menyebutkan Kiyora juga membidik segmen anak muda.

Mencoba berbeda dengan merek-merek incumbent, Kiyora menggunakan teknologi UHT dengan pengisian apsetik, hingga membuat kandungan di dalamnya tetap terjaga serta mampu menghasilkan tiga varian Kiyora sekaligus. Yakni, Kiyora Green Tea Jasmine, Kiyora Extra Green Tea Jasmine, dan Kiyora Milk Tea.

“Kami juga meluncurkan Kiyora Matcha Latte, minuman teh hijau matcha susu dalam bentuk kemasan botol PET pertama di Indonesia. Saat ini, matcha sedang menjadi tren yang mendunia, dan hadir dalam aneka bentuk es krim, permen, kue, dan lain sebagainya. Untuk itu, kami membawa tren global ke Indonesua melalui Kiyora Matcha Latte,” ia menambahkan.

Demi mensukseskan Kiyora, sejumlah strategi siap dilancarkan. Antara lain, dengan menggelar kegiatan Above the Line seperti iklan TVC dan Below the Line. Termasuk, talkshow dengan media yang menghadirkan artis muda Tasya Kamila.

(Simak kupasan mendalam tentang persaingan pasar RTD Tea di Majalah Mix)

Dwi Wulandari

Recent Posts

Kupas Tuntas “Membangun Bisnis yang Tangguh” di Grab Business Forum 2024

MIX.co.id - Program tahunan Grab Business Forum kembali digelar Grab Indonesia. Digelar pada pertengahan Mei…

12 mins ago

Kemenkominfo dan Mebiso Edukasi Para Pelaku Usaha tentang Pentingnya Hak Paten Merek

MIX.co.id - Artificial Intelligence (AI) menjadi salah satu tren marketing di Indonesia maupun global. Tren…

44 mins ago

Luncurkan Iklan TVC Terbaru, SASA Kampanyekan #BeYouBeConfident

MIX.co.id – Produsen bumbu dapur PT Sasa Inti (SASA) melakukan terobosan kampanye dengan meluncurkan iklan…

56 mins ago

Gandeng Mikael Jasin sebagai Brand Ambassador, Arummi Gelar Kampanye “Arummi Artistry”

MIX.co.id - Tahun 2023, Indonesia berhasil merajai pasar kopi modern di Asia Tenggara. Demikian Laporan…

6 hours ago

Gandeng Sompo dan Qoala, JULO Luncurkan Layanan JULO Protect Plus

MIX.co.id - Platform kredit digital inovatif asal Indonesia, JULO, berkolaborasi dengan Qoala dan Sompo meluncurkan…

7 hours ago

Presiden Jokowi Buka “World Water Forum ke-10” di Bali

1. Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Presiden World Water Council Loïc Fauchon (ketiga kiri),…

8 hours ago