MBV Group Tawarkan Konsep Bisnis "Xi Bo Bikes"

MIX.co.id - Kuliner memang masih menjadi bisnis yang menjanjikan di Tanah Air. Hal itu ditandai dengan tumbuh suburnya bisnis makanan dan minuman serta tingginya transaksi pada platform layanan pesan-antar makanan dan minuman.

Kendati demikian, pandemi juga menjadi pukulan berat bagi pengusaha kuliner. Dikatakan CEO PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) Marvy Jonathan, berdasarkan insight dari para mitra  MBV Group, ada sejumlah pukulan yang mereka alami sepanjang 2022.

"Salah satu problem yang paling utama adalah harga. Bukan karena harga produk yang mahal, tetapi meski dengan harga promo, konsumen tetap harus bayar lebih, karena mereka harus nambah untuk biaya pesanan, seperti ongkos kirim, ongkos layanan, hingga ongkos parkir," ceritanya.

Masalah kedua, konsumen lebih memilih membeli minuman yang dekat dengan lokasi mereka atau seketemunya, karena mereka merasa produknya mahal. Artinya, mereka tidak membeli karena fokus pada merek.

Berangkat dari masalah itu, MBV Group menawarkan konsep bisnis baru, "Xi Bo Bikes”. Konsep ini memungkinkan para mitra bisnis untuk membuka gerai minuman dengan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi sekaligus mendekatkan diri dengan pelanggan (jemput bola).

"Xi Bo Bikes adalah sub-brand terbaru dari Xi Bo Ba yang merupakan salah satu brand dari MBV Group. Xi Bo Bikes menggunakan konsep baru dan kekinian, dimana mitra usaha dapat mengoperasikan gerai minuman di berbagai lokasi tanpa harus menyewa atau membeli toko. Para mitra hanya perlu bergabung sebagai mitra usaha untuk mendapatkan cart Xi Bo Bikes beserta perlengkapannya.

"Konsep ini memberikan kesempatan bagi para pengusaha untuk membuka bisnis dengan modal yang relatif kecil, namun memiliki potensi keuntungan yang tinggi," yakin Marvy.

Lebih jauh ia menjelaskan, sebenarnya, konsep seperti itu sudah dijalankan oleh brand besar seperti Sari Roti, es krim Walls, maupun susu murni Nasional. Bedanya, Xi Bo Bikes menawarkan aneka varian minuman dengaan harga terjangkau, mulai dari boba drink yang harganya Rp 15 ribu, hingga kopi dengan harga Rp 8.000 dan teh dengan harga Rp 5.000.

Ditambahkan CMO MBV Group Vanessa Rae Putri, sebagai langkah awal, Xi Bo Bikes menargetkan captive market, yakni para mitra yang telah tergabung dengan MBV Group, yang jumlahnya telah mencapai lebih dari 500 mitra dan telah tersebar dari Aceh hingga Papua.

"Xi Bo Bikes ini juga bertujuan untuk membantu membangkitkan kembali ekonomi, khususnya UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia pasca pandemi dengan memberikan terobosan baru dengan biaya investasi yang terjangkau," terang Vanessa.

Pages: 1 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)