News Trend

MEMAHAMI PERBEDAAN ANTARA KONTEN DAN CONTENT MARKETING: MENGUBAH KONTEN MENJADI ALAT PEMASARAN EFEKTIF

Content marketing bukan hanya tentang menghasilkan konten yang menarik, tetapi juga bagaimana memanfaatkan konten tersebut untuk mendorong tindakan yang menguntungkan bisnis. Dalam dunia digital yang dinamis, memahami perbedaan antara “konten” dan “content marketing” bisa menjadi kunci keberhasilan strategi pemasaran Anda.

“Content” dan “Content Marketing” adalah dua konsep yang saling terkait tetapi memiliki perbedaan yang signifikan.

“Content” merujuk pada informasi yang ditampilkan dalam berbagai format, termasuk teks, gambar, video, dan lainnya. Konten ini dapat meminformasikan, melibatkan, atau menghibur penonton, tetapi tidak selalu memiliki tujuan bisnis yang jelas. Konten bisa berupa artikel blog, video tutorial, foto produk, grafik infografis, posting media sosial, dan sebagainya.

Sementara itu, “Content Marketing” adalah pendekatan strategis untuk menciptakan dan mendistribusikan konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang jelas ditentukan – dengan tujuan akhir menghasilkan tindakan pelanggan yang menguntungkan. Konten pemasaran harus melakukan sesuatu untuk bisnis; itu harus menginformasikan, melibatkan, atau menghibur dengan tujuan mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan.

Misalnya, jika Anda membuat artikel blog yang berisi informasi menarik tentang sejarah pizza, itu adalah “konten”. Namun, jika Anda merancang dan menerapkan strategi untuk menggunakan artikel tersebut untuk mempromosikan restoran pizza Anda, mendorong pembaca untuk mendaftar ke buletin email Anda, atau mendorong mereka untuk datang dan mencoba pizza Anda, itu adalah “content marketing”.

Content marketing telah berkembang dramatis dalam 10 tahun terakhir. Kini ada lebih banyak pembuat konten yang menyebarkan konten di lebih banyak saluran daripada sebelumnya. Teknologi baru memungkinkan pembuat konten membangun komunitas dan menghasilkan pendapatan dari konten dan merek mereka dengan cara-cara yang sepenuhnya baru. Perusahaan media memperkabur garis antara konten pemasaran dan hiburan, dan perusahaan membeli dan menciptakan perusahaan media mereka sendiri untuk mendapatkan audiens seperti belum pernah ada sebelumnya.

Akhirnya, jika Anda berhenti menyediakan konten kepada pelanggan Anda, apakah mereka akan menyadari? Jika jawabannya tidak, maka itu adalah peluang yang luar biasa. Ini berarti Anda dapat menggunakan content marketing untuk membuat perbedaan yang signifikan bagi bisnis Anda, menarik dan mempertahankan lebih banyak pelanggan, dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

7 hours ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

9 hours ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

10 hours ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

16 hours ago

Intip Keberhasilan EF Kids & Teens Jalankan Program Pelatihan Bahasa Inggris di Daerah Wisata

MIX.co.id - EF Kids & Teens Indonesia baru saja merampungkan progam Pelatihan Bahasa Inggris untuk…

18 hours ago

Kolaborasi Jadi Kunci Kepengurusan Perbasi Periode 2022-2026 dalam Mengukir Prestasi

MIX.co.id - Sejak dilantik, masa kepengurusan Perbasi (Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia) Jakarta periode 2022-2026,…

20 hours ago