Memasarkan Merek Ambah Batik Melalui Konsep "Socialpreneur"

Hadir perdana di industri fesyen Tanah Air, Ambah Batik menawarkan berbagai produk ready to wear bermotif Pucuk Rebung--sebagai DNA item busananya. Ready to wear itu dibandrol dengan harga yang reasonable, yakni senilai Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. Brand lokal anyar itu juga menawarkan aneka produk kain dengan harga 1 juta hingga Rp 4 juta.

IMG_20160806_5388

"Pucuk Rebung adalah motif Nusantara yang mampu meningkatkan rasa persaudaraan, eratnya budaya Indonesia, dan kayanya budaya Indonesia. Pucuk Rebung hadir dengan ragam motif dari Riau, Sumantra, Kalimantan, dan Jawa. Bahkan, motif Betawi juga ada Pucuk Rebung. Selama ini Pucuk Rebung hanya ditampilkan sebagai sisi atau ujung dari kain. Sekarang saya ingin Pucuk Rebung menjadi motif inti. Ketika orang memakai motif Pucuk Rebung maka artinya hidup mereka adalah berkualitas dan memberi manfaat untuk orang lain," jelas Founder dan CEO PT Ambah Karya Kreatif Dina Rimandra Handayani.

Untuk memperkenalkan produknya di pasar, Ambah Batik menggelar peluncuran perdananya melalui format fashion show atau peragaan busana. Keistimewaan motif Pucuk Rebung ditampilkan di sana melalui 48 set busana wanita dan pria. "Kami membagi peragaan busana dalam empat sekuen mulai dari gaya kasual, semi formal, formal, hingga semi couture," tutur Dina, di sela-sela fashion show tunggal di Ballroom Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan pada awal Agustus lalu.

IMG_20160806_4681

Acara launching Ambah Batik dihadiri oleh Menteri Tenaga Kerja RI Hanif Dakhiri, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, serta Saleh Husein. Kehadiran mereka juga untuk mendukung para siswa SMK dan berpartisipasi dalam rangka demo membatik.

Istimewanya, dalam mengembangkan bisnis Ambah Batik, Dina tidak sekadar untuk meraih keuntungan. Bisnis Ambah Batik juga harus bisa berkontribusi kongkrit terhadap lingkungan masyarakat lewat konsep Socialpreneur.

"Untuk itu, 50% profit akan didonasikan untuk kegiatan filantropi dan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan melalui sarana edukasi kepada anak-anak sekolah kejuruan SMK. Objektifnya, agar mereka mempunyai kesempatan untuk bisa mandiri dan mencintai batik sebagai warisan budaya Indonesia," tambah Dina yang menyebutkan bahwa produk Ambah Batik dijual melalui e-commerce di website www.ambahkreatif.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)