Menggairahkan Industri Tekstik Melalui Pameran "Indo Intertex-Inatex-Indotexprint 2017"

Industri tekstil di Indonesia, dalam beberapa tahun terakhir, terus mengalami menurunan. Penurunan paling signifikan terjadi di pasar ekspor. Merujuk data Asosiasi Pertekstilan Indonesia, pada tahun 2013, ekspor tekstil mengalami penurunan, yakni menjadi US$ 13,1 miliar. Sementara itu, tahun 2016, ekspor tekstil kembali menurun, menjadi US$ 11,9 miliar.

Demi menggairahkan kembali industri tekstil di Indonesia, tahun 2017 ini, PeragaExpo kembali menggelar pameran industri dan produk tekstil terintegrasi bertaraf internasional, "Indo Intertex-Inatex-Indotexprint 2017". Pameran yang memasuki penyelenggaraan ke-15 itu akan digelar selama tiga hari di JIExpo Kemayoran-Jakarta pada 19-21 April 2017.

Dijelaskan Paul Kingsen, Project Director PeragaExpo--selaku penyelenggara pameran, digelarnya pameran tahun ini untuk mengembangkan bisnis tekstil yang berkelanjutan di pasar dunia. "Indonesia harus meningkatkan sektor industri tekstil yang berorientasi ekspor dan readymade garment, serta menawarkan harga yang lebih kompetitif," tegasnya.

Tahun ini, ditambahkan Paul, tema pameran yang diusung adalah "Productivity for Sustainability". Tak kurang dari 450 peserta dari 24 negara akan meramaikan pameran Indo Intertex-Inatex-Indotexprint 2017. "Kami menargetkan 10.000 pengunjung, yang merupakan para profesional dan pengusaha industri tekstil baik domestik maupun internasional," ujarnya.

Dalam rangkaian kegiatan itu, PeragaExpo juga menyajikan sejumlah seminar, antara lain bertema "The Latest Spinning Technology" dan "Dynamic Nonwoven Technology and Opportunities for Indonesia.

Salah satu peserta pameran, 88Spares akan memanfaatkan perhelatan pameran tekstil ini sebagai agenda peluncuran market place atau e-Commerce barunya, www.88spares.com. Market place tersebut adalah untuk menyasar perusahaan-perusahaan tekstil atau B2B (Business to Business). "Dengan market place ini, maka peluang produsen tekstil untuk meningkatkan pasar ekspor akan besar," tutur Rosari Soendjoto, Chief Marketing & Happiness Officer PT 88Spares Global Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)