Tahun 2016 ini, Unilever Foundry—yang merupakan platform global Unilever untuk inovasi melalui kolaborasi—bersama Lion Innovations kembali menggelar “Foundry 50”. Program tersebut digelar untuk mencari 50 perusahaan startup teknologi terbaik di dunia. Nantinya, para startup akan melakukan presentasi di hadapan para pemimpin industri pada ajang Lion Innovations di Cannes di bulan Juni 2016 mendatang.
Sebagai bagian dari Unilever Foundry 50, startups juga akan mendapakan kesempatan eksklusif untuk menunjukkan teknologi dan mempresentasikan solusi yang dimiliki kepada merek dan agensi-agensi terbaik dari seluruh dunia untuk membuat kolaborasi baru.
Tahun lalu, Unilever meluncurkan inisiatif Foundry 50 bersama Lions Innovation sebagai suatu cara untuk mempertemukan para pengusaha-pengusaha yang telah menjadi pemimpin industri dengan para marketing terbaik di Cannes dan memulai sebuah kolaborasi.
Pada tahun ini, The Foundry 50 diperbesar sehingga dapat menyediakan kesempatan yang lebih banyak bagi startups untuk dapat bekerja sama dengan industri dalam acara 63nd annual Cannes Lions International Festival of Creativity. Acara tersebut akan berlangsung selama dua hari pada 21 dan 22 Juni, yang akan memerkan berbagai data-data, teknologi, dan ide-ide dari seluruh dunia.
Diungkapkan Aline Santos, SVP Marketing Unilever, “Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Lions Innovation pada tahun kedua untuk membantu meningkatkan profil dari berbagai startup yang telah mengubah industri. Seperti Unilever Foundry, Lions Innovations percaya bahwa membina kreativitas dan inovasi startup di bidang teknologi merupakan salah satu instrumen untuk membangun masa depan pemasaran. Dengan bekerja sama dengan startups, kita saling melengkapi untuk membuat perubahan dalam industri, dan menghasilkan hal baik bagi konsumen, merek – merek, dan para pengusaha. Sejak peluncuran kami tahun lalu, 80 persen dari The Foundry 50 saat ini bekerja dengan kami dan merek-merek global lainnya. Jadi kesuksesan dari program ini sangat jelas dan nyata.”
The Foundry 50 kali ini menghadirkan para panelis ahli, termasuk Brent Hobermen selaku Co-founder Lastminute.com, Rob Dembitz selaku Head of Lions Innovations, Jo Jenkins selaku Karmarama Creative Director, Olivier Garel selaku Head of Unilever Ventures, dan Aline Santos selaku Senior VP of Global Marketing Unilever.
Untuk dapat terpilih di ajang The Foundry 50, para startups harus memenuhi kriteria Inovatif dan berbeda dari kompetitor yang sudah ada di pasar; Relevan dan menarik bagi industri Brand, Marketing, dan Advertising; Inkorporasi dalam 5 tahun terakhir; serta Mendemonstrasikan salah satu inovasi dari 5 kategori.
Kelima kategori tersebut yakni kategori Masa depan retail; kategori Inovasi konten dan Brand; kategori Data, Wawasan, dan Personalisasi; kategori Dampak Sosial; dan kategori Engaging Millennials.
Startups dapat mendaftar mulai hari ini (15/2) melalui https://foundry.unilever.com/events/foundry50lionsinnovation. Pendaftaran akan ditutup pada Jumat 11 Maret 2016 pukul 23.59 GMT. Babak final The Foundry 50 akan diselenggarakan pada Rabu 13 April 2016.