Di era digital, kebiasaan orang Indonesia untuk mengucap selamat Hari Raya Lebaran mulai bergeser. Jika dulu ucapan disampaikan cukup melalui kartu ucapan atau pesan singkat (SMS), maka kini mereka melakukannya lewat gambar atau video yang dikirim melalui social media maupun Whats App grup, Line, dan sebagainya.
Akibatnya, layanan data pun senantiasa melonjak tajam di sepanjang Lebaran, termasuk pada Lebaran tahun ini. Hal itu dialami oleh salah satu operator PT XL Axiata Tbk. Dalam periode 20-27 Juni 2017 atau H-5 hingga H+2 Lebaran, tercatat terjadi kenaikan trafik layanan Data hingga 15% dibandingkan hari-hari biasa, serta meningkat 218% dibandingkan trafik di periode yang sama tahun 2016 lalu.
Kenaikan tersebut didorong oleh meningkatnya aktivitas akses ke layanan Data oleh pelanggan dibandingkan hari-hari biasa, serta sebagai dampak positif dari perluasan layanan 4G LTE dan 3G U900 di berbagai daerah di Indonesia. Direktur sekaligus Chief Service Management Officer XL Axiata Yessie D. Yosetya mengungkapkan, “Sampai saat ini kami terus secara maksimal bersiaga menjaga performa jaringan guna melayani kebutuhan pelanggan selama libur Lebaran."
Menurutnya, hingga saat ini hampir tidak ada gangguan yang berarti terjadi di jaringan XL untuk semua jenis layanan, baik Data, SMS, juga voice. Meskipun, terjadi kenaikan trafik yang cukup signifikan. "Semua persiapan kami telah berjalan sesuai dengan rencana, termasuk mengenai penambahan kapasitas jaringan hingga 2x lipat," tegasnya.
Lebih lanjut Yessie memaparkan, layanan Data kembali mendominasi kenaikan trafik, di mana pelanggan secara lebih aktif mengkases berbagai jenis layanan Data, terutama media sosial dengan berbagai platform. Kenaikan trafik Data di periode Lebaran juga terjadi sesuai dengan trend pemakaian layanan Data untuk berkomunikasi dan berkirim pesan, baik dalam format text, voice, video call, maupun multimedia.
"Karena itu, tidak mengherankan jika kenaikan trafik Data sangat dominan, menggantikan layanan-layanan telekomunikasi tradisional. Trafik Data selama periode H-5 hingga H+2 tercatat total lebih dari 4020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB," tegasnya.
Paling kentara, akses ke sejumlah media sosial popular meningkat dibandingkan trafik akses pada hari biasa. Trafik akses ke Facebook tertinggi meningkat lebih dari 50%, Instagram lebih dari 20%, serta YouTube lebih dari 17%. "Kenaikan dipicu oleh kebutuhan pelanggan untuk berbagi informasi dan pengalaman menjalani aktivitas seputar merayakan Lebaran. Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135%. Kenaikan akses ke kedua layanan tersebut seiring dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek," ucapnya.
Kecenderungan lain yang juga terlihat pada momen Lebaran adalah meningkatnya akses ke layanan social media messaging (WhatsApp, FB Messenger, LINE) lebih dari 46,5%, sekaligus menunjukkan perubahan behavior pelanggan yang sebelumnya banyak menggunakan layanan tradisional SMS. "Kenaikan yang tinggi ini juga terdorong oleh kebutuhan pelanggan untuk menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri," yakinnya.
Hal yang sama juga terjadi pada akses ke layanan berbasis VoIP Call (WhatsApp Call, BBM, Facebook VoIP, Skype) hingga sekitar 9%, sebagai sarana baru untuk menggantikan layanan voice tradisional atau telepon biasa.
XL Axiata juga mencatat terjadinya pergerakan pelanggan di mana jumlah pelanggan di wilayah Jabodetabek menurun, sedangkan trafik di wilayah Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur meningkat. Hal ini sesuai dengan pergerakan warga Jabodetabek yang melakukan perjalanan pulang kampung.
Saat hari H Lebaran (25 Juni 2017), jumlah pelanggan di Jabodetabek menurun sebesar 23%. Sebaliknya di beberapa wilayah yang menjadi tujuan mudik utama mengalami peningkatan jumlah pelanggan, seperti di Jawa Barat meningkat 13,5%, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta 22%, serta Jawa Timur 10,5%. Jumlah pelanggan yang ada di suatu wilayah akan mempengaruhi kenaikan trafik di wilayah yang bersangkutan.
"Tim XL Axiata akan terus bersiaga hingga kondisi normal kembali pasca Lebaran sekitar akhir pekan depan ketika warga Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya mulai kembali dari kampung halaman atau tempat mereka berlibur," tutupnya.