Online Shopping Menggiurkan, The Body Shop Luncurkan E-Commerce

Meyakini shopping online sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, maka pertengahan September ini (12/9) The Body Shop resmi meluncurkan shopping online berupa E-Commerce (electronic commerce via internet) dan M-Commerce (mobile commerce dengan menggunakan mobile device seperti smart phone).

The Body Shop meluncurkan sistem belanja E-Commerce dan M-Commerce sebagai strategi global untuk memperluas pasar, dan dapat diakses melalui situs www.thebodyshop.co.id

Merujuk hasil riset Dailysocial dan Veritrans di 2011, pasar E-Commerce Indonesia diestimasi sebesar US$0,9 miliar. Baru 6,5 persen populasi internet Indonesia pernah melakukan pembelanjaan online. Dan, kategori pembelian tertinggi di internet adalah produk lifestyle seperti fashion dan kosmetik, yang diikuti dengan travel, musik/video/games, elektronik, dan buku.

Diuraikan Iim Fahima Jachja, CEO Virtual Consulting, berdasarkan riset Payment Solution, transkasi online di Indonesia mencapai US$ 3,4 juta. Tahun 2012 ini diprediksi mencapai US$ 4,1 juta. "Bahkan, berdasarkan survei Master Card Worldwide online shopping, Indonesia tercatat yang paling tertinggi untuk online shopping se-Asia Pasifik, dengan 10 persen rata-rata total spend online-nya," terang Iim.

Kehadiran shopping online tersebut merupakan bentuk inovasi The Body Shop dalam memperbesar bisnisnya di era digital, sekaligus menjawab kebutuhan pelanggan agar lebih mudah berbelanja kapan saja dan di mana saja.

Budi Utomo, E-Commerce and Social Selling Manager The Body Shop, mengatakan, "The Body Shop menerapkan sistem E-Commerce dan M-Commerce karena merupakan strategi global dan menjadi bagian dari inovasi yang kami lakukan sejalan dengan telah diluncurkannya 'Beauty with Heart' sebagai new beauty movement The Body Shop."

Selain alasan strategi global, dilanjutkan Budi, The Body Shop ingin menjawab kebutuhan pelanggannya yang mobile yang tidak memiliki banyak waktu serta pelanggan yang tinggal di daerah yang tidak ada gerai The Body Shop, melalui akses layanan E-Commerce dan M-Commerce.

Di tahun 2012 ini, secara global dan serentak The Body Shop melakukan inovasi re-branding melalui rangkaian value 'Beauty with Heart', konsep gerai baru "Pulse", dan inovasi produk. Termasuk juga, melalui peluncuran E-Commerce dan M-Commerce.

E-Commerce dan M-Commerce The Body Shop Indonesia, sebenarnya sudah dimulai sejak Mei 2012. Bahkan, sebelumnya, The Body Shop juga sudah menghadirkan website. "Pada saat di web, pengunjung kami 2000 per hari. Paska hadirnya E-Commerce, trafiknya menjadi 5000 pengunjung per hari. Target setelah launching hari ini, kami berharap ada trafik hingga 20 ribu pengunjung per hari," ungkap Budi.

Diakui Budi, karakter para pembeli E-Commerce dan M-Commerce mayoritasnya adalah anak muda usia 25-35 tahun dan lebih banyak mereka yang trial dengan pembelian rata-rata satu item.

Demi mendongkrak jumlah transaksi di E-Commerce dan M-Commerce, untuk pertama kalinya The Body Shop menggelar promo diskon 50 persen untuk top ten product. "Kami juga akan menggelar kampanye komunikasi di digital dan social media. Ke depan, kami juga berencana berafiliasi marketing dengan E-Commerce lainnya," Budi menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 thought on “Online Shopping Menggiurkan, The Body Shop Luncurkan E-Commerce”

I am really enjoying the theme/design of your weblog. Do you ever run into any web browser compatibility problems? A handful of my blog visitors have complained about my blog not working correctly in Explorer but looks great in Opera. Do you have any suggestions to help fix this issue?
by jubah, 06 Oct 2012, 06:42

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)