Opera Edukasi Pasar Browser Lewat Subscription Mobile Store

Opera

Bekerjasama dengan tiga operator besar yakni Telkomsel, XL dan Indosat, perusahaan layanan pembuat browser (perambah) Opera Software resmi meluncurkan Opera Subcsription Mobile Store di Jakarta, pada Selasa (15/9). Disebutkan oleh Ivollex Hodiny, Growth Director of Asia Opera Software, “layanan ini selain menyediakan ribuan aplikasi dan games gratis dan berbayar juga sebagai ajang edukasi dan awareness tentang berbagai produk Opera di Indonesia melalui para operator.”

“Kami sangat senang dapat mempererat hubungan dengan para konsumen mobile di Indonesia, ucap Ivollex. Menurutnya, layanan yang disediakan Opera Subscription Mobile Store memungkinkan para konsumen untuk membeli aplikasi dengan harga yang sangat terjangkau dan mengunduh sebanyak mungkin aplikasi premium. lanjutnya, para developer lokal juga turut diajak dan sama – sama membangun mobile store ini menjadi lebih besar. Ada beberapa aplikasi dan games yang sudah tersedia dari pengembang lokal.

Opera Subcription Mobile Store, ungkap Hodiny, merupakan katalog aplikasi dan game yang termasuk dalam app store terbesar ketiga di dunia. Diperkuat oleh 300 ribu aplikasi dan game serta didukung lebih dari 40 ribu pengembang dari seluruh dunia termasuk Indonesia, Opera lantas membagi layanan ini kedalam 5 kategori yakni games, productivity, news, health, dan security.

Layanan ini tersedia di lebih dari 7.500 model smartphone yang berbeda, dari yang paling sederhana hingga yang termutakhir, termasuk yang menggunakan platform Java, Symbian, Blackberry, Android dan iOs.

Menurut Hodiny, Sejatinya, peluncuran Opera Subcsription Mobile Store di Indonesia dikarenakan melihat populasi pengguna smartphone yang terus meningkat tiap tahunnya dengan penetrasi smartphone mencapai 43 persen. Oleh karena itu, kami juga melakukan kerjasama dengan tiga operator besar tanah air yakni Telkomsel, Indosat dan XL untuk mampu memberikan pelayanan prima.

Secara model bisnis, layanan Opera Subcription Mobile Store ini merupakan model pembelian aplikasi pertama di Indonesia yang memberikan akses kepada para pengguna ke ribuan aplikasi premium. “Dengan kerjasama tiga operator besar tersebut, Opera Subcsription Mobile Store ini memudahkan para konsumen terutama pengguna Opera untuk menikmati pembelian aplikasi premium dan games tanpa mengharuskan penggunanya memakai kartu kredit untuk berlangganan,” kata Hodiny.

Saat ditanya soal persaingan dengan kompetitor seperti Baidu yang baru saja masuk ke pasar Indonesia, Hodiny menerangkan, bahwa portofolio yang dimiliki Opera sangat beragam dan kami melihat hal tersebut sebagai tantangan, tidak terkecuali seperti Baidu, Yahoo, atau yang lainnya. “Sejauh ini tantangan nyata adalah terus mengedukasi market tentang Opera berikut layanannya,” imbuh Hodiny.

Maka, tantangan yang dihadapi oleh Opera tersebut akhirnya melahirkan kerjasama antara Opera Software dengan tiga operator besar di tanah air untuk edukasi sekaligus memperluas pasar. “Opera Subcsription Mobile Store juga nantinya menjadi sarana alternatif bagi para pengembang aplikasi dari Indonesia untuk menjangkau sebanyak mungkin konsumen,” sebut Hodiny. *

--

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)