OPPO dan Art Jakarta Berkolaborasi Gelar Pameran Seni Virtual

Penyelenggaraan program "Art Jakarta" tahun ini diumumkan ditunda. Rencananya, penyelenggaraannya akan dilangsungkan di tahun depan. Art Jakarta yang telah memasuki masa penyelenggaraan tahun ke-12, menyadari bahwa selama ini program "Art Jakarta" adalah bagian terpadu dalam ekosistem seni rupa nasional di Indonesia, bahkan secara regional di Asia Tenggara.

Art Jakarta telah membuktikan bahwa kerja sama dan kebersamaan para pelaku dalam ekosistem seni rupa di Indonesia khususnya, adalah bagian dari kekuatan dan alasan utama keberadaan Art Jakarta. “Inilah yang memberi dorongan kepada kami untuk bersikap optimis dan mencari cara agar hubungan kerja sama dalam ekosistem seni rupa di Indonesia dan Asia Tenggara tetap berlangsung,” ungkap Enin Supriyanto, Direktur Artistik Art Jakarta.

Di tengah segala keterbatasan karena pandemi global, masyarakat dengan cepat beradaptasi dan memanfaatkan berbagai cara untuk menjaga jaringan komunikasi dan solidaritas dengan mengandalkan saluran media informasi digital yang terhubung melalui internet. Oleh karena itu, sebagai gantinya, tahun ini digelar program "OPPO Art Jakarta Virtual 2020".

Dijelaskan Maulana Indraguna Sutowo, CEO MRA Group, “Sebagai penyelenggara international art fair, Art Jakarta memiliki jaringan kerja sama yang memungkinkan karya-karya seniman kita tampil ke hadapan publik yang luas. Dengan bantuan teknologi komunikasi digital berbasis internet, Art Jakarta dapat tetap menjalankan peran ini, yakni dengan menyelenggarakan OPPO Art Jakarta Virtual 2020."

OPPO Art Jakarta Virtual 2020 adalah pameran bersama, yang diadakan di ruang virtual, sebagai cara untuk menjaga optimisme bersama: bahwa berbagai kerja dan karya seni rupa dapat tetap bermakna di tengah berbagai pembatasan fisik yang ada saat ini. Art Jakarta menggunakan teknologi digital dan internet untuk tetap dapat berkomunikasi, menjaga dan memperkuat jaringan, melakukan kerja kreatif, serta tetap menikmati karya seni rupa dengan cara yang berbeda.

“Khusus untuk para seniman Indonesia, yang mengalami berbagai kesulitan di masa pandemi, kami berharap bahwa OPPO Art Jakarta Virtual 2020 dapat menjadi salah satu cara agar karya-karya mereka dapat terus mendapatkan apresiasi yang pantas dari publik pencinta seni. Kami percaya bahwa semangat para seniman Indonesia untuk terus berkarya adalah hal utama bagi keberlangsungan ekosistem seni rupa kita,” urai Tom Tandio, Fair Director Art Jakarta.

Patrick Owen, Chief Creative Officer OPPO Indonesia, menambahkan, “OPPO Indonesia melalui OPPO Find X2 Series memiliki semangat Uncover The Ultimate. Di tengah situasi yang penuh tantangan saat ini dan sebagai perusahaan smartphone berteknologi tinggi terkemuka di dunia, kami terus berupaya mendampingi masyarakat agar tetap dapat menikmati dan memaknai karya seni yang dihadirkan secara virtual serta memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi karya seni melalui pengalaman baru artfair di platform OPPO Art Jakarta Virtual 2020 kali ini."

OPPO Art Jakarta Virtual 2020 akan berlangsung selama dua bulan, mulai 19 Oktober hingga 15 Desember 2020. OPPO Indonesia juga bekerja sama dengan 10 seniman ternama Indonesia, yaitu Aditya Novali, Agan Harahap, Agugn Prabowo, Arin Dwihartanto Sunaryo, Heri Dono, Mella Jaarsma, Naufal Abshar, R. E. Hartanto, Syagini Ratna Wulan, dan Uji “Hahan” Handoko melalui OPPO Find Art.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)