OPPO Raih Pangsa Pasar 11% di Pasar Smartphone Global

MIX.co.id - Tahun 2021, OPPO berhasil meraih sejumlah pencapaian positif. Menurut catatan lembaga riset Canalys, di tahun lalu, OPPO sukses mempertahankan posisinya sebagai brand smartphone keempat terbaik secara global, dengan pangsa pasar sebesar 11%.

Pada periode yang sama, OPPO juga berhasil meluncurkan smartphone flasgship canggih terbaru, yaitu seri OPPO Find X3 dan beberapa produk seri Reno terbaru. Bahkan, OPPO menghadirkan NPU (Neural Processing Unit) MariSilicon X yang menjadi teknologi pencitraan pertama yang dikembangkan oleh OPPO dan meluncurkan smartphone lipat pertamanya, yaitu OPPO Find N.

Berkat investasi berkelanjutan dalam pengembangan teknologi serta komitmen perusahaan untuk menciptakan produk terbaik tersebut, OPPO berhasil membukukan pertumbuhan penjualan smartphone secara global sebesar 22%, dengan penjualan yang luar biasa di pasar Eropa Barat dan Meksiko.

Di kawasan Eropa, OPPO mampu mencatakan pertumbuhan penjualan hingga 94% di Eropa Barat. Pencapaian ini menjadikan OPPO sebagai penyedia perangkat high-end keempat terbaik dalam hal penjualan. OPPO mencatatkan pertumbuhan yang menakjubkan di Irlandia (+444 YoY), Portugal (+354% YoY), Swiss (+203% YoY), Jerman (+154%) YoY, Italia (+111% YoY), Spanyol (+73% YoY), dan Prancis (+71% YoY). Selain itu, dalam kurun waktu kurang dari dua tahun setelah masuk ke pasar Rumania, OPPO berhasil telah menjadi produsen smartphone terbesar ketiga dengan pertumbuhan tahunan sebesar 227% pada tahun 2021.

Di pasar negara berkembang seperti di Afrika Selatan, OPPO juga mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 466%, sehingga membuatnya menjadi brand merek smartphone terbesar keempat di negara tersebut. Di Meksiko, OPPO merupakan salah satu dari lima brand smartphone terlaris, yang memiliki pangsa pasar sebesar 10%, dan mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 429% pada tahun 2021.

Pada periode yang sama, di Asia Pasifik, OPPO sukses mempertahankan posisi ke empat sebagai salah satu brand smartphone terbaik di kawasan tersebut, kecuali China. Dengan pencapaian itu, OPPO memiliki pangsa pasar sebesar 12% di Asia Pasifik.

Sementara itu, OPPO tercatat sebagai smartphone terbaik kedua untuk wilayah Asia Tenggara. Menurut catatan Canalys, OPPO berhasil menempati peringkat kedua di Indonesia, dengan pangsa pasar 21% pada kuartal keempat (Q4) 2021 dan best-seller kedua di Myanmar dan Vietnam. OPPO juga berhasil menjadi salah satu dari tiga smartphonebest-seller di Kamboja, Australia, Singapura, Selandia Baru, dan Filipina.

Di China, sebagai pemain lama, OPPO berhasil mempertahankan posisinya sebagai best-seller kedua pada 2021, dengan mencatatkan pertumbuhan tahunan sebesar 14%. Berkat investasi berkelanjutan dalam pengembangan teknologi dan inovasi produk, OPPO mencatatkan penjualan yang cukup stabil di pasar China.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)