NIVEA, sebagai merek perawatan kulit global, menunjukkan keahliannya dalam menciptakan koneksi dan keterlibatan konsumen NIVEA melalui kampanye yang otentik dan strategi periklanan NIVEA yang berdampak.
Semuanya dimulai – tahun lalu -- ketika seorang kreator TikTok memuji Lotion Tubuh NIVEA Essentially Enriched yang membuat kulitnya berkilau seperti "dressing salad". Melihat hal ini sebagai peluang, NIVEA memanfaatkan TikTok untuk membangun kampanye branded mission yang mempengaruhi setiap bagian dari saluran pembelian.
Melalui Branded Mission di TikTok, NIVEA berhasil menampilkan efektivitas produk mereka dengan menginspirasi kreator untuk berbagi kekaguman produk yang asli. Mereka berinteraksi dengan pelanggan secara unik dan personal, sekaligus menciptakan konten yang sangat relevan untuk penggunaan merek di masa depan.
Branded Mission adalah sebuah inovasi atau layanan baru dalam industri periklanan yang khususnya ada di platform TikTok. Ini memberi kesempatan bagi perusahaan atau brand untuk bekerja sama dengan para kreator di TikTok, yang biasanya merupakan individu-individu yang memiliki pengikut dan bisa mempengaruhi audiens.
Dengan "Branded Mission", brand-brand bisa meminta para kreator ini untuk menciptakan konten yang otentik atau asli, yang sesuai dengan citra atau pesan yang ingin disampaikan oleh brand tersebut. Keotentikan konten ini penting karena audiens saat ini cenderung lebih responsif dan percaya pada konten yang tampak asli dan tidak terlalu "diproduksi" atau skripted.
Setelah konten-konten ini dikumpulkan, brand kemudian memiliki opsi untuk memilih video-video terbaik dari kreator dan menggunakannya sebagai iklan resmi. Ini berarti video yang awalnya dibuat oleh kreator biasa di TikTok bisa muncul sebagai iklan di berbagai platform lain atau bahkan di TikTok itu sendiri.
Manfaat terakhir dari "Branded Mission" adalah kemampuannya untuk meningkatkan impresi tayangan media dan efektivitas iklan NIVEA. Ini berarti video atau iklan yang dihasilkan dari inisiatif ini memiliki potensi untuk dilihat oleh audiens yang lebih luas, sehingga meningkatkan kesadaran atau awareness mengenai brand atau produk yang dipromosikan.
NIVEA mengembangkan konten tentang NIVEA's Essentially Enriched Body dengan mendorong kreator untuk bergabung dan meningkatkan kesadaran tentang produk perawatan pribadi yang unik. Mereka menemukan audiens yang sudah ada dan sangat terlibat siap untuk membuat konten atas nama produk, dan audiens baru yang sangat relevan yang antuasias mendengar kecintaan produk asli yang menyebar di TikTok.
Untuk memperkaya pengalaman keseluruhan dari misi ini, NIVEA bekerja sama dengan sembilan kreator. Para kreator diminta untuk mendeskripsikan tampilan NIVEA's Essentially Enriched Body di kulit mereka dengan istilah yang unik.
Deskripsi tersebut termasuk frasa viral "like salad dressing" yang meningkatkan penjualan produk secara dramatis pada tahun 2021. Para kreator sangat antusias, memuji kilau produk yang memberi mereka kulit seperti "kaki biskuit mentega" dan membuat mereka "merasa seperti emas".
Kampanye #NIVEAGotMeLike menghasilkan jutaan tayangan, keterlibatan konten yang tinggi, dan tambahan 589 video otentik yang relevan tentang produk dari kreator di seluruh komunitas perawatan kulit. Pengguna TikTok di seluruh dunia membagikan cinta mereka untuk lotion yang memberi mereka kulit seperti "dewa yang bercahaya", "donat berlapis", dan bahkan "kaki kalkun yang berair".
Bagi merek perawatan kulit seperti NIVEA, sangat penting untuk membangun koneksi yang mendalam dan bermakna dengan konsumennya dan meningkatkan kesadaran merek. Kampanye mereka menghasilkan 44,2 juta kesan dan kenaikan kesadaran sebesar 5,2%, melebihi ekspektasi.
Kampanye yang dilakukan oleh NIVEA telah menghasilkan tingkat...