Pameran K 2022 Hadirkan Tema Ekonomi Sirkular, Perlindungan Iklim, dan Digitalisasi

MIX.co.id - Pameran perdagangan global industri plastik dan karet, K 2022, akan memperingati ulang tahunnya yang ke-70, pada Oktober mendatang. Dalam penyeleggaraannya di Jerman, K 2022 yang diselenggarakan oleh Messe Düsseldorf, akan mengedepankan tiga tema besar, yakni ekonomi sirkular, perlindungan iklim, dan digitalisasi.

Diungkapkan Petra Cullmann, Executive Director Trade Fairs Messe Düsseldorf, pada hari ini (20/7) di Jakarta, K 2022 hadir pada saat yang tepat untuk memberikan orientasi baru bagi industri plastik dan karet setelah perubahan akibat dari pandemi Covid-19.

“Messe Düsseldorf dan para eksibitor K 2022 menyepakati tanggung jawab mereka tidak hanya menciptakan ekonomi sirkular, tetapi juga peran industri dalam memerangi perubahan iklim. Perlindungan iklim adalah masalah mendesak yang perlu ditangani dalam skala global. Tidak ada perlindungan iklim tanpa plastik,” yakin Petra Cullmann.

Lebih jauh ia menegaskan, tanpa plastik, pengelolaan iklim dunia yang cermat tidak akan mungkin terjadi. Plastik adalah pendukung untuk konstruksi ringan, e-mobilitas, pemanfaatan energi angin dan matahari. “Di sinilah peranan Ekonomi Sirkular sangat penting, sementara digitalisasi adalah faktor yang sangat diperlukan untuk transparansi dan efisiensi sumber daya,” katanya.

Sementara itu, ekonomi sirkular merupakan model industri baru yang berfokus pada reducing, reusing, recycling, recovery, dan repair yang mengarah pada pengurangan konsumsi sumber daya primer dan produksi limbah. Transformasi menuju ekonomi sirkular menjadi penting bagi Indonesia karena akan membawa banyak dampak positif, baik bagi lingkungan serta pertumbuhan berbagai sektor pembangunan di masa depan.

Dan pemerintah Indonesia telah aktif memperomosikan ekonomi sirkular melalui kementerian terkait, seperti implementasi program Proper oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dan industri hijau oleh Kementerian Perindustrian. Sosialisasi dan penerapan ekonomi sirkular untuk para pemangku kepentingan juga disampaikan dalam program CSR (Corporate Social Responbsibility).

Sampai saat ini, pameran K yang digelar setiap tiga tahun di Düsseldorf telah menjelma menjadi platform bisnis yang paling ditunggu-tunggu oleh para pelaku industri plastik dan karet. Pameran K juga menjadi tempat pertemuan paling penting di dunia untuk industri plastik dan karet terus berlanjut hingga hari ini.

Sekitar 3.300 perusahaan dari 63 negara telah memberikan kepastian akan menghadirkan inovasi untuk penggunaan plastik yang efisien dan bertanggung jawab pada pameran K 2022 yang akan digelar di Düsseldorf Jerman pada 19 hingga 26 Oktober 2022 mendatang. Dari 3.300 peserta pameran, total 2.344 berasal dari Eropa, 828 dari Asia, 143 dari Amerika, 11 dari Afrika ,dan 4 dari Australia/Oseania.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)