Menyadari akan bahaya pandemi virus corona atau Covid-19, PT Jaya Real Property Tbk. (JRP) melakukan langkah antisipasi potensi dampak terhadap penghuni setiap produk condominium milik JRP. Sejak 17 Maret 2020 lalu, pemangku kepentingan JRP mulai menerapkan kebijakan dan standard operasi perusahaan untuk memproteksi karyawan, konsumen atau penghuni, maupun seluruh stakeholder JRP.
“Kami melihat bahwa wabah Covid-19 ini perlu dihadapi dengan serius dan tanggap, sehingga kami harus mengambil langkah gesit untuk melakukan tindakan preventif akan penyebaran virus. Namun, kami juga memahami bahwa setiap unit bisnis dan produk masing-masing memiliki variasi jenis dan kompleksitasnya yang berbeda, dari mulai pusat perbelanjaan, hingga hunian, sehingga masing-masing unit bisnis memiliki regulasi dan standard yang berbeda-beda menyesuaikan keadaan dan yang pasti tetap patuh pada anjuran dan standard pemerintah,” ungkap Benny Aswin Siregar, Marketing Manager dari PT Jaya Real Property Tbk.
Untuk karyawan misalnya, JRP memberlakukan kebijakan variatif, dan lebih fleksibel, seperti pemberlakuan Work From Home, pembagian dan pengurangan jam operasional kerja, serta memberikan jarak atau panduan physical distancing pada ruang kerja kantor.
Ditambahkan Arum Prasasti, General Manager Bintaro Jaya High Rise, “Bintaro Jaya High Rise adalah brand baru JRP yang menaungi seluruh produk condominium JRP seperti The Accent, Bintaro Plaza Residences, Core Cipete, Silk Town & Apartemen Emerald Bintaro. Untuk setiap produk condominium, baik di semua kantor pelayanan konsumen maupun di setiap tower condominium, kami mewajibkan standard kebersihan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penghuni dan calon konsumen."
Dia mencontohkan, penyemprotan disinfektan dua kali sehari di area fasilitas publik, pengecekan suhu dengan thermo gun di lobi setiap tower, menyediakan fasilitas umum hand sanitizer di lobi maupun koridor lift, memberikan marking dalam lift untuk membatasi jumlah orang dalam lift, hingga perlengkapan sanitasi dan proteksi diri lengkap untuk petugas kebersihan. Area publik yang dimaksud adalah lobi, parkir, lift, fasilitas kebugaran, café, minimarket, kolam renang, children playground, dan mushola.
Dalam menanggapi serius pandemi Covid-19, Bintaro Jaya High Rise juga memberikan pelatihan terhadap seluruh karyawan yang bertugas di setiap produk condominium agar memahami betul mengenai virus ini, hingga cara mengoperasikan alat seperti thermo gun, semprotan disinfektan, dan alat pelindung diri setiap hari demi menjaga keamanan dan kebersihan condominium.
Diakui Arum, pandemi Covid-19 tidak berpengaruh banyak pada performa penjualan setiap produk condominium, "Di tengah meningkatnya permintaan apartemen pada semester 1 2020, memang tempat tinggal sifatnya adalah kebutuhan primer, sehingga kebutuhannya akan selalu ada. Terutama, bagi para calon penghuni yang telah melakukan reservasi atau menyelesaikan down payment untuk unit, justru tidak sedikit calon konsumen yang tetap ingin melakukan serah terima unit," katanya.