Pandemi, Digital Banking ‘Jconnect’ dari Bank Jatim Melejit Triple Digit

MIX.co.id - Selama dua tahun pandemi berlangsung, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) berhasil mencatatkan kinerja positif untuk layanan digital banking-nya, JConnect.

Direktur Utama Bank Jatim Busrul Iman mengatakan, di masa pandemi, perkembangan nilai nominal transaksi melalui layanan digital banking JConnect Mobile sukses melejit triple digit. “Di tahun 2019 ke 2020, nilai nominal transaksi bulanan melalui JConnect Mobile bertumbuh 115,7% dari Rp 486,12 miliar menjadi Rp 1,05 triliun. Di tahun 2020 ke 2021, kembali melesat 62,1 % dari Rp 1,05 triliun menjadi Rp 1,70 triliun,” ucapnya.

Sementara itu, dari tahun 2020 ke 2021, pengguna JConnect bertumbuh 38,4%, yakni dari 280.228 menjadi 387.797 pengguna. “Perkembangan positif ini semakin memantapkan kami untuk terus mengembangkan layanan digital banking JConnect,” ujarnya.

Pencapaian tersebut menandakan bahwa di bawah kepemimpinan Busrul Iman, Bank Jatim sudah on the right track dalam menyusun strategi pertumbuhan layanan digital banking JConnect.

JConnect memiliki tiga pilar penting sebagai landasan pengembangan inovasi layanan digital yang dijadikan target audiens, yaitu Pemerintah Daerah (Pemda) dan ASN (Aparatur Sipil Negara), Pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), serta masyarakat umum. “Selain itu, JConnect juga menargetkan para generasi muda (millennials), terutama mereka yang menyukai gaya hidup dinamis dan mengutamakan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi,” lanjutnya.

Sesuai dengan tagline JConnect, yakni “Koneksikan Semua Kemudahan,” kini Bank Jatim terus mengembangkan layanan JConnect dan memperkaya fitur-fiturnya yang memberi kemudahan transaksi perbankan. Antara lain, kemudahan transaksi pembayaran iuran PBB, BPJS, Pajak Kendaraan Bermotor, hingga Top Up saldo Gopay dan OVO.

Bank Jatim juga memiliki fasilitas Kredit Multiguna elektronik (e-KMG) yang dapat dimanfaatkan nasabah melalui JConnect e-KMG. Fasilitas ini merupakan pengembangan kredit multiguna yang sudah ada sebelumnya. Melalui JConnect e-KMG, Bank Jatim menyajikan kemudahan dalam mengajukan permohonan kredit baik para Aparatur Sipil Negara aktif maupun para pensiunan.

Beberapa keunggulan dari JConnect e-KMG antara lain kemudahan dan keamanan dalam pengajuan kredit melalui mobile application. Selain itu, nasabah cukup memiliki rekening dan payroll gaji yang terdaftar di bankjatim.

Peningkatan kinerja JConnect selaras dengan pertumbuhan kinerja keuangan Bank Jatim di 2021, yang secara keseluruhan mencetak hasil positif. Dikutip dari laporan kinerja keuangan Bank Jatim tahun 2021 yang sudah diaudit, untuk pertama kalinya dalam sejarah, aset Bank Jatim mencapai Rp 100,72 triliun dan tumbuh 20,45% dari periode serupa tahun sebelumnya. Laba bersihnya juga turut bertumbuh 2,29% (YoY) menjadi Rp 1,52 triliun di periode serupa.

Melihat pencapaian positif JConnect dan juga kinerja keseluruhan di 2021, Bank Jatim mencanangkan lima pilar strategi pertumbuhan di 2022. Pilar pertama, penguatan ekosistem digital untuk meningkatkan kinerja bisnis. Kedua, pengembangan kompetensi sumber daya manusia. Ketiga, peningkatan pencapaian key performance indicator (KPI). Keempat, peningkatan struktur organisasi dalam bidang kualitas aset. Kelima adalah peningkatan struktur organisasi terkait proses penghimpunan Dana Pihak Ketiga dan penyaluran Kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)