Patok Pangsa Pasar 45% di 2023, Mitsubishi Fuso Siapkan Strategi "Integrated Powerful Solution"

MIX.co.id - Sepanjang tahun 2022, Mitsubishi Fuso kembali memimpin pada kendaraan niaga, dengan menguasai pangsa pasar sebesar 41,1%.


Selama pandemi, pasar kendaraan niaga di Tanah Air memang mengalami penurunan. Pada awal pandemi, 2020, penjualan kendaraan niaga anjlok menjadi 49.921 unit, yang pada 2019 masih di angka 96.465 unit.

Namun, perlahan pasar kembali pulih. Hal itu terlihat dari penjualan di 2021 yang mencapai 73.588 unit dan 93 381 unit di 2022. Sementara itu, penjualan Mitsubishi Fuso mampu mencapai 38.397 unit atau menguasai 41,1% pangsa pasar kendaraan niaga.

Dengan pencapaian itu, Nobukazu Tanaka, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, mematok target pangsa pasar 45% di 2023. Itu artinya, tumbuh 3,9% jika dibandingkan pencapaian Mitsubishi Fuso di tahun 2022 lalu.

Guna mencapai target tersebut, Mitsubishi Fuso telah menyiapkan strategi Integrated Powerful Solution atau Solusi Kuat Terintegrasi.

Dalam media gathering yang digelar hari ini (6/3), di Jakarta, Direktur Sales & Marketing PT KTB Duljatmono menjelaskan, strategi Integrated Powerful Solution terdiri dari tiga pilar. Pertama, Sales & Product. Pada pilar ini, Fuso akan fokus pada penetrasi pasar ke seluruh Indonesia dan melakukan product improvement berbasis kebutuhan pasar.

Dia mencontohkan, Fuso menghadirkan Fighter X Mining Equipment versi 2 yang menyasar sektor bisnis pertambangan. Varian ini akan menjadi pilihan terbaik bagi konsumen di area tambang dan off road.

Selanjutnya, dalam waktu dekat, Mitsubishi Fuso juga berencana untuk memperkenalkan varian baru MDT (Medium Duty Truck), Fighter X FN 62 F HD R pada April 2023 mendatang.

Pilar kedua adalah After Sales Service Solution (ASS Solution). "Pada pilar ini, kami akan melakukan customize after sales solution, meningkatkan fasilitas dan akses after sales service, serta memperkuat ketersediaan spareparts," urai Duljatmono.

Pilar ketiga, Digital Solution, yang sudah dimulai pada awal pandemi. Pada pilar ini, Mitsubishi Fuso menghadirkan sistem manajemen armada yang didukung oleh Runner Telematic 3.0 untuk segmen korporasi. Dipaparkan Duljatmono, Runner 3.0 juga dilengkapi dengan opsi layanan tambahan seperti Warehouse Management System, Service Management System, Data Integration, hingga Fleet Business Support yang memudahkan sistem manajemen pekerjaan maupun memudahkan korporasi dalam menjalankan bisnis dengan lancar.

"Kami juga menghadirkan aplikasi MyFUSO apps yang dapat memudahkan konsumen mengakses informasi terkait produk, after sales service, maupun aneka program yang dihadirkan Fuso," ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)