Patok Pertumbuhan Dua Kali Lipat, HR Path Bidik UKM

MIX.co.id - Perusahaan konsultan HRIS (human resources information system) berkantor pusat di Perancis, HR Path mengungkapkan bahwa di banyak perusahaan telah terjadi peningkatan penerapan platform digital dan resource planning sebagai respons terhadap budaya kerja jarak jauh. HR Path meyakini tren tersebut akan terus meningkat pada beberapa tahun mendatang.

Survei yang dilakukan HR Path juga menunjukkan bahwa hampir semua perusahaan memberlakukan aturan baru bagi karyawannya, untuk bekerja di kantor hanya 2 atau 3 hari dalam sepekan, bukan karena pandemi, tapi karena mereka merasa sudah tidak harus ke kantor. Hal ini menjadi kenormalan baru yang bukan sekadar nama, tapi memang cara kerjanya yang berubah.

Untuk itu, HR Path melakukan pendekatan konsultasi yang didukung dengan solusi SAP SuccessFactors sebagai software-as-a-service (SaaS). Platform cloud SAP SuccessFactors membuat kolaborasi menjadi menarik, karena dapat diakses dari mana saja kapan saja tanpa tergantung orang IT (Information Technology) yang harus me-maintain.

Saat ini, setiap orang bisa kerja di mana saja, karena work-from-home membuat time zone berbeda-beda, yang tidak memungkinkan lagi orang kerja dengan single zone. Dengan demikian, secara organisasi menjadi lebih lean, tidak hirarki, dan metrik.

“Kami bangga dapat membantu pelanggan kami dalam perjalanan transformasi digital mereka dengan memungkinkan mereka beradaptasi dengan perubahan dengan bantuan teknologi SDM (Sumber Daya Manusia) mutakhir dan proses praktik kerja unggulan, untuk akhirnya membuat mereka lebih tangguh,” ujar Sebastien Corominas, Partner HR Path APAC.

Lebih jauh ia menerangkan, SAP SuccessFactors sebagai solusi HR strategis, memiliki modul dengan fungsi masing-masing, yakni Recruiting sebagai pendukung dalam rekrutmen, Onboarding 2.0 sebagai pendukung dalam kesiapan calon karyawan, Learning sebagai bantuan pembelajaran product knowledge, Performance & Goals sebagai pendukung dalam mengetahui KPI karyawan dan tugas-tugas mereka, Compensation sebagai pendukung dalam perhitungan benefit tambahan, Succession sebagai pendukung dalam menentukan posisi yang tepat dalam sebuah organisasi, Development sebagai pendukung dalam merencanakan jenjang karir kedepannya, Employee Central sebagai pendukung Core HR, dan Employee Central Payroll sebagai pendukung dalam proses penggajian. Sementara itu, untuk modul yang digunakan, bisa berasal dari rekomendasi oleh konsultan HR Path atau berdasarkan permintaan perusahaan.

“Keunggulan lain dari HR Path adalah pengalaman dan jaringan yang tersebar di tak hanya di Asia Pasifik, tetapi juga di Amerika dan Eropa, yang terjalin selama berpuluh tahun. Dengan demikian, perusahaan Indonesia yang bermitra dengan HR Path akan memiliki wawasan human resources yang lebih luas. Mereka bisa mengetahui tren industri manajemen SDM yang terjadi di luar negeri dan menerapkannya di Indonesia sebagai nilai tambah dari solusi yang diberikan oleh HR Path. Ini juga memungkinkan perusahaan klien untuk memilih konsultan dari seluruh cabang HR Path yang ada di berbagai belahan dunia,” ungkapnya.

Selain itu, HR Path juga membantu perusahaan menentukan kebijakan terhadap karyawannya. Transparansi, proses, dan data yang valid memungkinkan kebijakan yang diambil menunjang kebijakan strategis perusahaan.

Dalam tiga tahun ke depan, HR Path menargetkan pertumbuhan dua kali lipat. Untuk mencapai target tersebut, lanjutnya, HR Path mempersiapkan solusi tidak hanya kepada Enterprise, tetapi juga bagi perusahaan Small-Medium Enterprise (SME) atau Usaha Kecil Menengah (UKM), yang memiliki pasar lebih besar.

Diimbuhkan Andi Wibosono, Regional Manager dan Direktur HR Path Indonesia, “Pandemi mendorong SME mature lebih cepat dan membuat mereka sadar pentingnya transformasi digital bagi bisnis mereka. HR Path sebagai pemimpin pasar di kelas enterprise memfasilitasi perusahaan SME untuk tumbuh dan berkembang dengan pengalaman dan keahlian yang dimilikinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)