News Trend

4 TIPS PEMASARAN EFEKTIF UNTUK GEN Z DIGITAL

Menjangkau Gen Z memerlukan strategi yang cerdas dan inovatif. Temukan cara efektif memasarkan produk Anda kepada generasi digital native ini melalui pendekatan 4P – produk, harga, tempat, dan promosi yang tepat.

.

.

Generasi Z, atau yang sering disebut sebagai Gen Z, adalah kelompok yang lahir antara tahun 1997 dan 2012. Mereka adalah generasi digital native yang tumbuh dengan teknologi di ujung jari mereka, yang mempengaruhi cara mereka berinteraksi dengan produk dan merek.

Untuk berhasil memasarkan produk kepada Gen Z, penting untuk memahami preferensi dan perilaku mereka dari empat aspek pemasaran klasik: produk, harga, tempat, dan promosi.

Dari sudut pandang produk, Gen Z sangat menghargai keaslian dan kualitas. Mereka lebih cenderung memilih produk yang mencerminkan nilai-nilai mereka dan menawarkan pengalaman unik. Produk yang ramah lingkungan dan etis juga sangat diminati oleh generasi ini.

Misalnya, merek pakaian Patagonia yang fokus pada keberlanjutan dan tanggung jawab sosial telah berhasil menarik perhatian Gen Z (Patagonia, 2020). Produk yang berhasil di pasar Gen Z biasanya adalah yang transparan dalam proses produksi dan memiliki dampak sosial positif.

Harga juga memainkan peran penting dalam keputusan pembelian Gen Z. Meskipun mereka dikenal sebagai generasi yang melek finansial dan cenderung lebih hemat, mereka tetap bersedia membayar lebih untuk produk yang mereka anggap berkualitas tinggi dan berkelanjutan. Hal ini sejalan dengan temuan dari laporan McKinsey yang menyebutkan bahwa Gen Z cenderung melakukan penelitian menyeluruh sebelum melakukan pembelian dan lebih menyukai produk dengan nilai yang jelas (McKinsey, 2018).

Aspek tempat dalam pemasaran untuk Gen Z sangat terpengaruh oleh teknologi. Gen Z lebih suka berbelanja secara online dibandingkan berbelanja di toko fisik. Mereka juga lebih sering menggunakan media sosial untuk menemukan dan mengevaluasi produk.

Platform seperti Instagram, TikTok, dan YouTube memainkan peran besar dalam perjalanan pembelian mereka. Menurut sebuah studi dari IBM, hampir 70% dari Gen Z membeli produk secara online dan mengandalkan media sosial untuk rekomendasi produk (IBM, 2020).

Promosi untuk Gen Z harus kreatif dan autentik. Generasi ini cenderung mengabaikan iklan tradisional dan lebih mempercayai konten yang dibuat oleh pengguna atau influencer yang mereka ikuti. Merek yang mampu berkolaborasi dengan influencer yang memiliki audiens Gen Z yang besar seringkali mendapatkan hasil yang lebih baik.

Sebagai contoh, kampanye yang melibatkan TikTok influencer seringkali menjadi viral dan menghasilkan peningkatan kesadaran merek yang signifikan (TikTok Marketing Science Global, 2021). Selain itu, Gen Z menghargai interaksi dua arah dengan merek melalui media sosial, di mana mereka bisa merasa didengar dan dilibatkan.

Page: 1 2

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

TikTok Ungkap Karakter Konsumen di Momen Mega Sales

MIX.co.id – Momen angka kembar di akhir tahun seperti 10.10, 11.11, dan 12.12 yang dikenal…

9 hours ago

SMOPI Garap Pasar Vape di Indonesia

MIX.co.id – Indonesia merupakan pasar potensial bagi industri vape atau rokok elektrik. Dengan jumlah pengguna…

10 hours ago

Purina Pro Plan Edukasi tentang Pentingnya Nutrisi bagi Hewan Peliharaan di IIPE 2024

MIX.co.id - Purina Pro Plan menggelar rangkaian talkshow pada “Indonesia International Pet Expo (IIPE) 2024”,…

12 hours ago

Passion Jewelry  dan Nyoman Nuarta Berkolaborasi Luncurkan Koleksi Perhiasan dengan 17 Desain Eksklusif

MIX.co.id - Passion Jewelry dan Nyoman Nuarta berkolaborasi eksklusif merilis koleksi perhiasan terbaru. Kolaborasi tersebut…

12 hours ago

AMD Perkenalkan Prosesor Terbaru Berbasis AI

MIX.co.id - Studi “AI Monitor 2024” terhadap 23.685 responden di 32 negara di dunia, termasuk…

13 hours ago

Kredit Pintar Jalin Kemitraan Strategis dengan PSM Makassar

MIX.co.id - Platform fintech lending Kredit Pintar menjalin kemitraan strategis dengan klub sepakbola PT Persaudaraan…

14 hours ago