Studi yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia hingga kuartal kedua 2020 meningkat menjadi 73,7% atau mencapai 196,7 juta pengguna. Mayoritasnya mengakses internet lebih dari 8 jam dalam satu hari, dengan 49,3% di antaranya menonton tayangan video online.
Tingginya konsumsi video online juga diperkuat dengan kinerja positif dari platform video online. Vidio, perusahaan layanan OTT (Over-The-Top) milik Indonesia, misalnya, mencatat peningkatan jumlah pengguna aktif tiap bulannya sebanyak 60 juta orang berdasarkan konten video on demand (VOD) yang ditonton. Itu artinya, meningkat hingga 1,5 kali lipat sepanjang tahun 2020 dibandingkan dengan tahun 2019.
“Pandemi yang terjadi di seluruh dunia mendorong adopsi OTT di Indonesia lebih cepat dibandingkan negara-negara lain di Asia Tenggara. Berdasarkan data survei The Trade Desk dan Kantar, Indonesia menduduki peringkat pertama dengan angka sekitar 66 juta orang Indonesia yang mayoritas pengguna aktifnya adalah perempuan, menggunakan layanan OTT platform untuk menonton video profesional melalui internet,” ungkap Rezki Yanuar, VP Marketing Vidio.
Sementara itu perilaku konsumen juga mengalami perubahan. Selama tahun 2020, Vidio melakukan riset terdapat perubahan perilaku masyarakat Indonesia. Hasilnya, terjadi kenaikan angka minute stream hingga 1,9 kali lipat dan total play 1,5 kali lipat di tahun 2020.
“Bahkan, jumlah menonton televisi melalui aplikasi Vidio mengalami peningkatan dan menjadi peringkat pertama sebagai aplikasi dengan jumlah mobile visitor terbanyak, dimana SCTV dan Indosiar menjadi saluran TV yang paling banyak ditonton. Jumlah pengguna yang meng-install Vidio melalui smart TV juga sedang mengalami peningkatan,” paparnya.
Berangkat dari fenomena itu, Vidio senantiasa untuk terus memberikan hiburan berkualitas melalui Vidio Original Series. Ditambahkan Tina Arwin, Chief of Content Vidio, “Vidio berkomitmen untuk menghadirkan serial yang berkualitas, menghibur, dan menggugah perhatian penonton. Antara lain, dengan menambah dua konten lokal terbaru Vidio Original Series setiap bulannya di tahun 2021."
Ada dua judul terbaru Vidio Original series yang dihadirkan. Pertama, “Scandal”, produksi Sky Films dan diperankan oleh Atiqah Hasiholan serta Ibnu Jamil. Kedua, “Brutal”, produksi Sinemart Production.
Scandal bercerita tentang karir seorang influencer dengan jutaan pengikut mendadak hancur setelah video asusilanya viral dan mencemarkan namanya. Atiqah Hasiholan, sebagai pemeran Atiqah mengungkapkan, “Scandal adalah Original Series pertama saya bersama Vidio. Mengangkat tema yang dekat dengan fenomena sosial saat ini, dimana karir sebagai influencer semakin marak di dunia digital. Kami harap film ini dapat memberi pesan supaya perempuan menjadi sosok yang kuat, positif dan tidak terjebak dalam dunia digital yang berbahaya seperti prostitusi online.”
Sementara itu, “Brutal”, yang diperankan oleh Kevin Kambey, Rezky Aditya, Zack Lee, Zoe Jackson, serta sutradara Arie Azis mengangkat cerita tentang kisah dimana mafia berkuasa, perdagangan ilegal merajalela, Black Market sebagai tempat yang paling penting bagi mereka para kriminal untuk menjadi penguasa. Tetapi, sebuah pengkhianatan menjadi awal perpecahan geng tersebut.