Menginjak sewindu kiprahnya di social media, situs berbasis video yang didirikan oleh Chad Hurley, Youtube, telah berhasil membukukan satu miliar pengguna.
Pengguna YouTube mencapai satu miliar dalam waktu delapan tahun.
Chad Hurley sendiri merupakan salah satu pendiri yang turut membesarkan situs berbagi video ini menjadi tenar bersama dengan Steve Chen dan Jawed Karim di tahun 2005 silam.
Konfirmasi berita tersebut didapat langsung dari situs blog resmi YouTube. Situs layanan berbagi video terpopuler di dunia itu mencatat sedikitnya hampir satu dari dua orang pengguna Internet di dunia mengunjungi YouTube di hari ini (22/3).
"Kalau YouTube adalah sebuah negara, kami akan menjadi negara terbesar ketiga di dunia, setelah Cina dan India," ketik pihak YouTube, seperti dilansir dari AdWeek, Jumat, (22/3).
Sejatinya YouTube mulai diluncurkan pada tahun 2005. Dalam kurun waktu satu tahun setelah dirilis ke publik, situs layanan berbagi video ini pun diakuisisi Google. Ketika itu, situs yang identik dengan warna merah tersebut dibanderol dengan harga sekitar USD 1,65 miliar atau setara dengan Rp 16 triliun.
Tak hanya menampilkan video dari selutuh belahan dunia, Di awal 2013, YouTube mengonfirmasi bahwa akan ada evolusi dalam video, diferensiasi produk pun dimulai. YouTube secara bertahap menambah konten profesionalnya, seperti mulai menayangkan program-program televisi dan video amatir.
Secara sadar, hal tersebut merupakan bentuk dari branding dan pola pemasaran YouTube untuk bisa mendatangkan para pemasar. Terbukti dari konten-konten video on demand yang diboyong YouTube seperti di TV kabel berbayar ke halaman Web-nya. "Layanan ini merupakan hasil perkawinan televisi dan Internet," ungkap pihak YouTube dalam halaman blog resmi menyangkut tata letak dan ditampilkannya video dan video televisi ke dalam halaman website-nya.