MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 49,8% Year-on-Year (YoY), dari Rp 23,1 triliun di kuartal ketiga (Q3) 2021 menjadi Rp 34,5 triliun di Q3 2022. Total Pendapatan kuartal ketiga 2022 tumbuh 3% menjadi sebesar Rp 12 triliun, dari Rp 11,7 triliun pada Q2 2022.
IOH juga mencatat laba bersih sebesar Rp 3,7 triliun pada Q3 2022. Salah satu pendorong pertumbuhan kinerja di kuartal ketiga tahun ini akibat peningkatan pelanggan dan penggunaan data. Hal tersebut didorong oleh kedua merek, IM3 dan Tri, yang terus melengkapi dan mendapatkan daya tarik dalam segmen target mereka. Total pelanggan seluler naik 2,4 juta Quarter-on-Quarter (QoQ) menjadi 98,6 juta, dengan tambahan 1,8 juta pengguna 4G QoQ.
Diungkapkan Vikram Sinha, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, “IOH memperlihatkan kinerja operasional dan keuangan yang solid pada kuartal ketiga 2022. Kami kembali mencatat pertumbuhan kuartal yang kuat berkat gabungan dua merek layanan telekomunikasi yang saling melengkapi satu sama lain. Peningkatan 2,4 juta pelanggan seluler IOH pada Q3 2022 mencerminkan kepercayaan publik terhadap merek kami dan memotivasi kami untuk terus menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.”
Usai melakukan penggabungan usaha di awal 2022, IOH resmi menjadi operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia. Pascapenggabungan, IOH terus melakukan integrasi jaringan dengan teknologi MOCN (Multi Operator Core Network) dengan dukungan para mitra strategisnya. Saat ini, integrasi jaringan IOH telah mencapai lebih dari 50% dari total target sekitar 43 ribu sites, yang sebagian besar akan selesai di akhir tahun 2022. Setelah proses integrasi selesai, pelanggan IOH akan merasakan jangkauan jaringan yang lebih luas, layanan di dalam ruangan yang lebih baik, serta pengalaman internet yang lebih cepat.
Pada Q3 2022, IOH juga meluncurkan Indosat HiFi, sebuah layanan koneksi internet kabel optik (fiber-to-the-home/FTTH). Layanan FTTH ini hadir untuk memenuhi kebutuhan internet kabel yang andal dan terpercaya untuk perumahan dan perkantoran. IOH melalui Indosat Business, juga meluncurkan platform IDE untuk mendukung transformasi digital pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia agar #BeraniJadiBesar.
“Kami akan terus memberikan marvelous experience bagi pelanggan kami sejalan dengan visi strategis IOH untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital yang paling dipilih di Indonesia. Selain itu, kami juga terus fokus untuk mempercepat proses sinergi dan meningkatkan efisiensi biaya, serta menciptakan nilai lebih bagi para pemegang saham kami,” pungkas Vikram.