News Trend

Penjualan Bersih Naik 5% di Q3 2022, Unilever Lanjutkan Lima Prioritas Strategis Ini

MIX.co.id – Pada kuartal ketiga (Q3) 2022, PT Unilever Indonesia, Tbk. mencetak penjualan bersih sebesar Rp 31,5 triliun. Itu artinya, bertumbuh sebesar 5% year on year (YoY) atau naik 2,3% jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya. Unilever juga mengalami pertumbuhan laba bersih sebesar 5,3% YoY, dengan membukukan laba sebesar Rp 4,6 triliun.

Diungkapkan Ira Noviarti, Presiden Direktur PT Unilever Indonesia, Tbk. pada hari ini (27/10), secara virtual, “Menurut laporan Nielsen, daya saing kami di kuartal III menguat. Market share Perseroan meningkat dalam tiga bulan terakhir dibandingkan tiga bulan sebelumnya, baik secara value maupun volume. Bisnis e-Commerce dan Unilever Food Solutions (UFS) bertumbuh lebih dari 50% selama kuartal ini.”

Melanjutkan komitmen untuk memperkuat fundamental dan meningkatkan daya saing, lanjutnya, Unilever terus menjalankan lima prioritas strategis. Pertama, memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand besar dan produk utama melalui inovasi dan program marketing terdepan untuk mendorong pertumbuhan pasar. Kedua, memperluas dan memperkaya portfolio ke premium dan value segment. Ketiga, memperkuat kepemimpinan di channel utama (GT dan Modern Trade) dan channel masa depan (e-Commerce). Keempat, penerapan e-Everything di semua lini bisnis. Kelima, tetap menjadi yang terdepan dalam pembangunan bisnis yang berkelanjutan.”

Sementara itu, untuk meningkatkan daya saing brand-brand-nya, Unilever melakukan peningkatan investasi periklanan sebesar 27% dibandingkan tahun lalu serta peningkatan pengeluaran trade di channel utama. Untuk memperkuat fundamental sekaligus memastikan kemampuan untuk terus bersaing di masa depan (future-fit), Unilever juga memulai perjalanan transformasi channel-nya pada semester kedua 2021.

“Melanjutkan transformasi channel yang kami mulai di semester dua tahun lalu, mulai Q3 2022, kami mengurangi stok di sisi trade. Langkah ini akan berlanjut di Q4 2022. Saya melihat pentingnya membangun bisnis yang future-fit dan menciptakan sistem yang efisien, sehingga kami bisa bergerak lebih gesit dan tangkas untuk merespon pasar. Dengan demikian, inovasi kami akan menjangkau konsumen lebih cepat dan kami dapat membantu customer mendorong pertumbuhan penjualan sell-out yang kompetitif. Terbukti, penjualan perseroan pada outlets atau pada konsumen melalui customer telah bertumbuh kuat sebesar 7,1% di Q3,” urainya.

Sementara itu, beragam inovasi yang diluncurkan mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan perusahaan. Peluncuran rangkaian Home Care Korean Strawberry dan rangkaian Shampo Dove Micellar di Q2 terus diminati. Selanjutnya, inovasi juga dilakukan pada segmen premium di Q3, seperti Close Up dengan multi-benefit serta peluncuran Wall’s Feast format baru dan Magnum Cookies & Cream dari divisi Ice Cream.

“Perseroan juga terus menjadi yang terdepan dalam hal pembangunan bisnis yang berkelanjutan. Antara lain, Bango yang memberdayakan ratusan penjaja makanan tradisional Tanah Air melalui program tahunan Festival Jajanan Bango dan Royco dengan program Nutrimenu yang bertujuan membantu mendorong masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan kuat. Tahun ini, Royco Nutrimenu menargetkan 100 juta piring bergizi lezat untuk disajikan di meja makan keluarga Indonesia,” urai Ira.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Ramaikan Pasar Kuliner di Indonesia, Ayam Cap Nikmat dan Jus Aja! akan Buka Peluang Kemitraan

MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…

5 hours ago

Sharp Umumkan Pemenang Program “Sharp Lovers Day-Fiestapora”

MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…

21 hours ago

MGID Raih Penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2024”

MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…

22 hours ago

MPMInsurance Edukasi Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…

1 day ago

Kinerja Solid, Prudential Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2023

MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…

1 day ago

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Hadirkan Kategori Baru

MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…

1 day ago