Penjualan di Juni 2020 Naik 120%, Ini Strategi yang Dilancarkan Sharp

Pasar elektronik menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19. Hal itu dirasakan juga oleh PT Sharp Electronics Indonesia. Perusahaan asal Jepang itu juga mengalami penurunan di bulan Maret hingga April 2020. Untuk produk AC turun sebesar 22%, LED TV turun 17%, kulkas turun 9,7%, dan mesin cuci turun 5%.

Pada saat press conference yang digelar Sharp hari ini (8/7), dijelaskan Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia Shinji Teraoka, Sharp menghadapi tantangan sejak awal Maret lalu hingga pertengahan April, dimana perusahaan masih berusaha untuk beradaptasi dengan keadaan baru.

"Beruntung, produk-produk unggulan kami seperti Air Purifier mendulang performa positif pada akhir April 2020. Kami dapat bertahan hingga kami mampu menghindari pemangkasan jumlah karyawan. Kami akan berusaha semampu kami untuk menjadikan hal tersebut menjadi pilihan paling akhir. Kesejahteraan karyawan menjadi prioritas kami,” katanya.

Lebih jauh ia menjelaskan, sejumlah langkah dilakukan Sharp dalam menghadapi pandemi Covid-19. Mulai dari kantor dan pabrik menerapkan Work From Home (WFH) dengan jumlah karyawan kurang dari 50%, menerapkan protokol kesehatan di lingkungan kerja, dan menggelar program Corporate Social Responsibility (CSR) bagi mereka yang terdampak Covid-19.

Ditambahkan Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, “Sharp memiliki tiga kunci utama dalam menjalankan bisnisnya, yaitu mengoptimalkan penggunaan internet, menghitung presisi terhadap potensi permintaan pasar, dan menghadirkan produk baru yang sesuai dengan perubahan gaya hidup di masa pandemi.”

Menurutnya, Sharp juga mengubah strategi penjualannya dari offline ke online. Antara lain, dengan mendorong seluruh dealer tradisionalnya berjualan secara online. "Untuk mereka yang belum siap dengan digital, kami memfasilitasi mereka dengan platform WA Sales dan SMS Sales," ucap Andry.

Selain itu, diakui Andry, Sharp juga menggelar eksibisi virtual seperti program "Sharp Virtual Matsuri" melalui platform Instagram, Facebook, dan Youtube. “Sementara itu, guna melengkapi lini produk yang ada, dimasa pandemi ini, Sharp telah dua kali meluncurkan produk ke pasaran, yang pertama pada awal Juni lalu, Sharp meluncurkan Smartphone sebagai lini bisnis barunya dan kedua bertepatan dengan pelaksanaan Web Conference ini, Sharp meluncurkan lini lemari es satu pintu terbaru, Kirei III," paparnya.

Hasilnya, Juni 2020, penjualan Sharp kembali mengalami pertumbuhan. Pada Juni 2020 ini, penjualan Sharp mampu tumbuh lebih dari 120% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. "Mungkin ini juga dikarenakan pada Juni 2019 memasuki masa libur panjang Lebaran," ucapnya.

Terkait peluncuran Kirei III, kata Andry, hal itu berangkat dari riset di lapangan yang terungkap bahwa pandemi membuat masyarakat Indonesia kerap berbelanja banyak guna menyimpan persediaan dan bahan makanan. “Akibatnya, mereka membutuhkan lemari es tambahan untuk menampung persediaan makanan tersebut. Lemari es satu pintu menjadi pilihan yang tepat karena desainnya yang kompak dan ruang penyimpanan yang cukup luas," yakinnya.

Lemari es satu pintu Kirei III keluaran terbaru milik Sharp dibekali dengan lima perlindungan berstandard Jepang, hingga membuat kualitas lemari es Sharp ini tahan lama dan aman saat digunakan.

Adapun lima perlindungan itu adalah Perlindungan Voltase Tidak Stabil, dimana kompresor lemari es Sharp memiliki toleransi tegangan yang jauh lebih baik dibandingkan lemari es lainnya; Perlindungan Terhadap Ketidakseimbangan, dimana lemari es Sharp mampu menoleransi kemiringan tempat hingga 15 derajat; Perlindungan Bahaya Api, dimana papan sirkuit lemari es milik Sharp memiliki plastik pelindung tahan api yang akan mencegah api menyebar apabila papan sirkuit terbakar; Perlindungan Terhadap Getaran, dimana komponen lemari es Sharp telah teruji tahan terhadap guncangan yang mungkin terjadi selama perjalanan; dan Perlindungan dari Sengatan Listrik, dimana kabel-kabel dibagian lemari es Sharp terlindungi dari pengembunan untuk menghindari sengatan listrik pada pengguna. Guna menambahkan rasa aman dan nyaman saat menggunakan lemari es satu pintu, Sharp memberikan garansi kompresor selama lima tahun.

Lemari es terbaru Sharp Kirei III dilepas kepasaran dengan harga Rp 1.600.000 untuk kapasitas 133 liter, Rp 1.800.000 untuk kapasitas 166 liter, dan Rp 2.000.000 untuk kapasitas 184 liter. "Lemari es Kirei III sudah dapat ditemui di toko-toko traditional dan online di seluruh Indonesia mulai awal Juli kemarin," ungkap Andry.

Sharp pun optimis menargetkan penjualan 360.000 unit setahun untuk Kirei III. Dengan demikian, Kirei III diharapkan akan berkontribusi sekitar 25-30% dari total penjualan lemari es satu pintu Sharp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)