Sepanjang kuartal I hingga kuartal III 2012, PT Honda Prospect Motor (HPM) telah meraih angka penjualan sebanyak 33.504 unit, dengan pangsa pasar 5,3%. Jumlah tersebut tumbuh 19,9% dibanding periode yang sama di tahun 2011 yang tercatat sebanyak 26.807 unit.
Honda Jazz menjadi penyumbang terbesar bagi HPM di Q1-Q3 2012 dengan total penjualan mencapai 13.327 unit
Menurut keterangan resmi yang diterima Mix, Jumat (10/8) lalu, Honda Jazz menjadi penyumbang penjualan terbesar di kuartal I hingga III 2012 dengan total penjualan sebanyak 13.327 unit dan pangsa pasar sebesar 31% di segmen hatchback. Selain itu, Jazz juga menjadi penyokong penjualan terbesar pada bulan Juli lalu yaitu menyumbang sebesar 3.289 unit.
Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT HPM, Jonfis Fandy, mengatakan, pada kuartal kedua (April-Juni 2012), Honda telah memasuki masa recovery dan berhasil meningkatkan penjualan secara konsisten hingga mencapai penjualan tertinggi sebanyak 17.875 unit. Hal ini sekaligus meningkatkan posisi Honda yang menempati urutan ke-5 di pasar otomotif nasional.
“Seiring produksi Honda yang sudah mulai normal sejak Maret lalu, penjualan Honda terus mengalami peningkatan dari bulan ke bulan. Peningkatan tersebut juga didukung oleh peluncuran beberapa model Honda seperti New CR-V, New Freed, New City, dan All New Civic yang mengawali penjualan Honda di segmen sedan yang sempat vakum beberapa bulan akibat terhambatnya pasokan,” ungkapnya.
Ia yakin, penjualan Honda akan terus mengalami peningkatan di tahun 2012 ini mengingat Honda baru saja meluncurkan Honda Brio pada awal Agustus lalu. Menurut keterangan, hanya berselang enam hari sejak diluncurkan, model city car terbaru dari Honda ini telah mencatat total inden sekitar 1.000 unit.
“Kami optimis peningkatan ini akan terus berlanjut, dengan didukung produk baru seperti Brio yang saat ini telah mencapai sekitar 1.000 unit inden hanya dalam waktu enam hari setelah diluncurkan. Lalu akan ada model baru lagi yang akan kami luncurkan juga di tahun ini yaitu All New Honda CR-V. Dengan demikian, kami percaya dapat mencapai target total penjualan 70.000 unit di sepanjang tahun ini,” ujar Jonfis.
Untuk mendukung penjualan, imbuhnya, Honda akan terus memperkenalkan program dan aktivitas untuk konsumen yang akan diselenggarakan pada semester kedua ini, antara lain program “Honda Extra Care - Extended Warranty”, serta aktivitas Jazz Tuning Contest yang akan kembali diadakan untuk ke-8 kalinya di akhir tahun 2012.