Lama menjalin hubungan dengan Japanese Community (komunitas Jepang) plus melakukan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di Jepang, Universitas Budi Luhur memutuskan untuk menggelar Japanese Seminar Series. Selain seminar, disajikan juga “Techno Zone” dan “Safety Riding” di taman tengah kampus Budi Luhur.
Kali ini, Universitas Budi Luhur menggandeng sejumlah perusahaan asal Jepang yang menggarap bisnisnya di Tanah Air. Di antaranya, PT Astra Honda Motor, PT Panasonic Manufacturing Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, dan PT Ajinomoto Indonesia. Pada kesempatan itu, Universitas Budi Luhur juga menggandeng Counsellor Information and Culture Kedutaan Besar Jepang untuk Republik Indonesia.
Sebagai langkah awal dari rangkaian event yang siap digelar, Universitas Budi Luhur menyajikan seminar series bertemakan “Japanese Business Mind in Global Era by Honda” pada akhir Mei ini. Pada seminar itu, Univeristas Budi Luhur menghadirkan pembicara Mr. Toshiyuki Inuma, CEO PT Astra Honda Motor dengan Moderator Muhammad Ainur Rony, S.Kom,M.TI selaku Kaprodi Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi UBL.
Dr. Wendi Usino, Msc, Deputi Rektor Bidang Akademik Universitas Budi Luhur menjelaskan “Obyektif dari kegiatan ini untuk menambah pengetahuan umum mahasiswa Universitas Budi Luhur tentang cara kerja perusahaan berskala global, khususnya di perusahaan Jepang. Sebelumnya, kami telah menjalin hubungan kerja sama dengan beberapa universitas di Jepang, seperti Asia University Jepang, Kanda University Jepang, Universitas Kagoshima Jepang, dan Kanda Institute of Foreign Language. Kami selalu pun aktif menjalin komunikasi dengan komunitas Jepang di Indonesia.”
Ditambahkan Kasih Hanggoro, MBA selaku Ketua Pengurus Yayasan Budi Luhur Cakti, mahasiswa saat ini tidak cukup bila hanya memiliki wawasan tingkat nasional. “Namun, mahasiswa harus memiliki wawasan global. Untuk itu, pembekalan wawasan kepada mahasiswa tentang keberadaan dan cara kerja perusahaan global seperti di perusahaan Jepang perlu diberikan. Harapannya, mereka dapat berprestasi namun tetap menjunjung tinggi keluhuran budi,” tandasnya.
Mr. Toshiyuki Inuma, CEO PT Astra Honda Motor, dalam presentasinya menjelaskan bagaimana cara menyikapi bisnis di era global. Termasuk, bagaimana cara menangani bisnis dan memotivasi mahasiswa untuk dapat berbisnis. “Komitmen Honda di Indonesia untuk bisa bekerja sama dengan orang-orang Indonesia adalah untuk mendidik dan membimbing mereka, dengan menularkan ilmu. Dengan demikian, mereka mampu mandiri untuk berwirausaha. Sebab, Honda sampai saat ini selalu menciptakan sistem manajemen yang menjadikan tempat kerja itu nyaman dan menyenangkan,” ungkapnya.