Thailand Siap Gempur Pasar MICE Indonesia

The Thailand Convention and Exhibition Bureau (Public Organization) atau disingkat TCEB, pada Senin (25/5) mengumumkan inisiatif pemasaran digital yang menargetkan pasar MICE internasional, termasuk Indonesia. Inisiatif-inisiatif tersebut di antaranya adalah pengembangan sebuah portal web inovatif MICE Thailand, yang bertujuan untuk menyamakan standar promosi organisasi MICE kelas dunia.

Mr. Nopparat Maythaveekulchai, President of TCEB

Mr. Nopparat Maythaveekulchai, President of TCEB

Mr. Nopparat Maythaveekulchai, President of TCEB mengatakan, “Tahun ini, TCEB bermaksud untuk memperluas promosi pemasaran online melalui beberapa inisiatif digital. Yang pertama adalah inovasi pada situs online MICE Thailand untuk menyediakan informasi lengkap mengenai produk dan layanan MICE bagi target pasar kami, termasuk komunitas bisnis di Indonesia.

TCEB turut serta bekerjasama dengan empat sektor organisasi publik dan swasta terkemuka untuk mengumumkan kampanye tahap kedua dari “Spice Up Your Business Agenda”, yang diperuntukkan bagi pasar MICE internasional, sekaligus untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan transaksi mereka di Thailand.

Selain itu, untuk menggarap pasar Indonesia, TCEB menyusun sebuah aplikasi mobile untuk mempermudah akses data MICE Thailand bagi para wisatawan maupun profesional MICE. Inisiatif-inisiatif tersebut sejalan dengan arahan kebijakan pemerintah untuk mentransformasi ekonomi digital Thailand.

Agar semakin kompetitif, aplikasi dan portal online tersebut akan segera tersedia dalam delapan bahasa, termasuk bahasa Thailand, Inggris, Tiongkok, Jepang, Korea, Bahasa Indonesia, Rusia dan Vietnam. Selain itu sebagai antarmuka untuk berkomunikasi dengan wisatawan MICE internasional, TCEB juga menyusun aplikasi mobile untuk pengguna smartphone dan tablet yang memungkinkan mereka memperoleh akses informasi industri MICE Thailand. "

Sebelumnya, TCEB telah mengumumkan bahwa Indonesia adalah salah satu dari 10 pasar MICE terbesar Thailand. Jumlah wisatawan Indonesia yang telah mengunjungi Thailand untuk tujuan MICE ditahun 2014 mencapai 33.325 orang dan menyumbang pemasukan USD 97.64 juta bagi Thailand.

Keberadaan informasi secara digital ini sangat penting bagi pasar Indonesia. Berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet Indonesia yang tercatat pada tahun 2014 adalah 88,1 juta pengguna atau setara dengan 34,9% penetrasi internet.

Menurut data yang dilansir APJII, menargetkan 50% penetrasi internet dapat dicapai sampai akhir tahun ini. Rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu lebih dari 5 jam menggunakan internet per hari dengan desktop/notebook. Jadi jelaslah, digital merupakan alat komunikasi yang efektif untuk memasuki pasar Indonesia.

Sementara itu, selain aplikasi mobile dan portal online, TCEB juga membekali diri dengan alat pemasaran online dan kit penjualan digital, yang meliputi blog, brosur digital, foto dan konten VDO untuk mempromosikan industri MICE Thailand serta presentasi PowerPoint.

Kebijakan pemerintah yang berusaha mengangkat sektor digital juga didukung oleh kebijakan lain yang melihat pentingnya industri MICE bagi Thailand, karena industri ini menyumbang sekitar dua persen GDP (produk domestic bruto/PDB) Thailand, yang berarti bahwa pertumbuhan MICE akan mendorong peningkatan GDP negara. Pemerintah menyadari pentingnya industri MICE dalam pengembangan ekonomi Thailand, terutama untuk mengantisipasi pembentukan pasar terpadu akibat hadirnya MEA.

Mengenai inisiatif digital yang dilakukan TCEB, Nopparat Maythaveekulchai menambahkan, “Salah satu kampanye utama tahun 2015 ini meliputi edisi kedua Spice Up Your Business Agenda, yang bekerja sama dengan Otoritas Pariwisata Thailand, Thai Airways International Pcl, Departemen Promosi Perdagangan Internasional, Kementerian Perdagangan, dan Visa Internasional (Asia-Pacific), LLC. Kampanye ini ditujukan untuk menarik wisatawan MICE berkualitas untuk mengalami betapa kokohnya industry MICE Thailand, termasuk di dalamnya kampanye “Social Connectivity” yang menghubungkan beberapa kanal media sosial, sehingga manfaatnya dapat menjangkau sasaran yang lebih luas lagi.

Sejak mulai diperkenalkan awal tahun lalu, Spice Up Your Business Agenda direspon dengan sangat positif oleh para profesional MICE internasional, dengan lebih dari 1.000.000 tayangan online, 7.000 e-kupon telah diunduh, dan lebih dari 30.000 kupon cetak telah didistribusikan di banyak pameran international bergengsi di Thailand.

“Pemasaran online sangat penting untuk pengembangan industri MICE Thailand karena sasaran kami berasal dari setiap sudut dunia. Melalui penggunaan pemasaran online yang efektif dan didukung oleh kebijakan pemerintah, TCEB akan dapat berkomunikasi dengan para pemangku kepentingan secara real-time, sekaligus mendorong keterlibatan antara TCEB, pelaku bisnis MICE Thailand, dan khalayak sasaran termasuk penyelenggara dan wisatawan MICE melalui berbagai kampanye promosi pemasaran.”

Diakui Nopparat Maythaveekulchai, kami percaya bahwa inisiatif MICE digital ini akan membantu pertumbuhan industri MICE Thailand untuk memenuhi target tahun ini yaitu 1.036.300 wisatawan MICE, yang diharapkan menyumbang 106.780 juta Bath untuk perekonomian Thailand. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)