Perlunya UKM Menghadirkan Pengalaman Berbelanja Online

Demi Menghadirkan Pengalaman Berbelanja Online, UKM Perlu Menggandeng Perusahaan Jasa PengirimanBelanja  online menjadi kebiasaan baru masyarakat Indonesia, terutama sejak masa pandemi Covid-19. Oleh karena itu, para pelaku bisnis  dituntut  untuk bisa menghadirkan layanan belanja online dengan berbagai keunggulan. Antara lain, dengan menawarkan layanan pengiriman yang cepat dan instan.

“Biasanya, pengusaha UKM (Usaha Kecil Menengah) mengalami kesulitan karena biaya yang diperlukan tidak sedikit. Untuk itu,  pengusaha UKM dapat bekerja sama dengan jasa pengiriman instan,” ujar Imi Pudjiati, General Manager Customer Service SiCepat Ekspres dalam webinar Talk Show, hari ini (19/6).

Lebih jauh ia menjelaskan,  di zaman serba instan ini, kecepatan pengiriman menjadi salah satu pertimbangan yang terpenting terkait pengiriman untuk belanja online. Bahkan, beberapa konsumen rela membayar lebih untuk mendapatkan barang yang mereka beli dengan lebih cepat.

“Untuk memenuhi dan menjaga kepuasan pelanggan, kami bersandar pada tiga hal. Pertama, pelayanan yang cepat, aman, dan nyaman; kedua, call center yang responsif menjawab pertanyaan; serta ketiga, produk dengan harga yang kompetitif dan layanan yang memenuhi kebutuhan pelanggan," lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, dikatakan Kepala Seksi Perdagangan Produk UKM Smesco Indonesia Ongky Irawan, tahun ini pihaknya memang memfokuskan pada kepuasan pelanggan dan kecepatan mengiriman produk yang dipasarkan. Sebab, di Smesco, semua UKM di seluruh Indonesia ada. Apalagi, sifatnya keberadaan Smesco ini untuk  mendukunh UKM secara penuh di seluruh Indonesia.

“UKM yang terdaftar di kami sekitar 3.000 UKM yang ada secara fisik dan sekitar 34.000 UKM digital. Apalagi sistem kami dropshipper, ada gudang dan market dengan merangkul orang-orang yang terkena PHK untuk bergabung sebagai dropshipper. Dengan demikian, mereka terbantukan,” lanjutnya.

Ditambahkan Namsyah Ali B, Owner Neby Bag Specialist Reptil Leather,  "Kami tetap mengandalkan jasa pengiriman dalam menjual produk, walaupun kami belum lama membuka toko di online shop. Karena selama 27 tahun ini, kami hanya mengandalkan penjualan secara kekerabatan."

Sudah 10 tahun ini Neby Bag Specialist Reptil Leather mengekspor ke Hongkong dan Malaysia, dengan jumlah ekspor mencapai  100 tas setiap bulannya. "Untuk pengiriman, kami menggunakan jasa yang sudah terpercaya. Sebab, kami tetap menjaga komitmen terhadap kepuasan pelanggan melalui produk dan layanan, serta kekuatan pada pengiriman yang cepat dan harga murah,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)