Pertahankan Posisi Market Leader, Ini Strategi yang Dilancarkan Cussons

IMG_20151009_24387 Tahun ini PT PZ Cussons Indonesia menggelar Program "Cussons Bintang Kecil Season 4"

Sukses menggelar program "Cussons Bintang Kecil" selama tiga tahun berturut-turut, tahun ini PT PZ Cussons Indonesia menggelar program serupa. Program "Cussons Bintang Kecil Season 4" yang dikemas lewat kompetisi foto dan video itu mengusung tema "Tumbuh dengan Cinta". Program yang digelar pada 10 Oktober 2015 - 10 Januari 2916 tersebut memberikan hadiah lebih banyak dan pemenang yang lebih banyak dengan total hadiah Rp 1 miliar.

Dijelaskan Sales Director PT PZ Cussons Indonesia Elly Mustrianita, "Cussons Bintang Kecil sudah menjaid kegiatan tahunan dan telah mendapatkan animo yang luar biasa selama tiga tahun berturut-turut. Dengan kegiatan ini, kami berharap Cussons Baby & Cussons Kids bisa membantu mengantarkan anak-anak Indonesia menjadi lebih percaya diri dan sukses di masa depan."

Ada yang beda pada perhelatan tahun ini. Tahun 2015 ini misalnya, Cussons bukan hanya menggelar kontes foto, tetapi juga kontes video. Selain itu, pada perhelatan kali ini Cussons juga akan berpartisipasi dalam kegiatan sosial lewat program Corporate Social Responsibility (CSR).

"Setiap anak yang mengirimkan foto atau video, Cussons akan memberikan donasi senilai Rp 500 yang akan dikumpulkan untuk membangun fasilitas ruang menyusui (nursery room)n yang rencananya akan disebar di beberapa titik di tempat umum, seperti puskesmas dan mal. Hal ini sesuai dengsn tema program kali ini, Tumbuh dengan Cinta," papar Elly yang menyebutkan bahwa kompetisi foto dan video dibagi dalam tiga kategori, yaitu kategori bayi (0-1 tahun), balita (1-3 tahun), dan balita (3-6 tahun).

Jika tahun lalu, program tersebut mampu menerima foto sebanyak 410 ribu atau per harinya bisa mencapai 4.500 entries, maka tahun ini Cussons akan menargetkan 500 ribu entries. Para orang tua dapat mengirimkan foto atau video tentang momen spesial si kecil melalui digital dan drop box. Di digital, para peserta bisa mengirimkan lewat facebook, twitter, instagram, website, maupun email.

Ditegaskan Elly, ada tiga obyektif utama dari program Cussons Bintang Kecil adalah mendekatkan brand dengan konsumen, membangun relationship dengan konsumen, dan memelihara market share. "Dari tiga kali kami menggelar program ini, terjadi kenaikan penjualan hingga double digit. Untuk itu, kami kembali menggelar program ini untuk yang keempat kalinya," lanjut Elly, yang menyebutkan bahwa Cussons merupakan market leader di pasar produk perawatan bayi dengan pangsa pasar 35%.

Untuk mensukseskan program tersebut, Cussons melancarkan strategi marketing komunikasi secara terintegrasi atau Integrated Marketing Communication (IMC). Antara lain, melalui kegiatan Above the Line (ATL) seperti iklan di media cetak, TV, dan radio; kegiatan Below the Line (BTL) seperti roadshow ke Taman Kanak-Kanak, rumah sakit, dan modern maupun traditional channel di 1500 titik di lima kota, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Medan; hingga Digital di website maupun akun media social Cussons. Pada kesempatan itu, Cussons juga memanfaatkan para blogger dan endorser.

"Kami juga berharap melalui kegiatan ini akan terus terjalin ikatan emosional dan tercipta brand experience antara brand Cussons dengan konsumen setianya. Lewat program ini, kami juga ingin mengajak konsumen yang baru untuk menjadi pemakai setia produk Cussons atau kenaikan market share," tambah Senior Brand Activation Manager PT PZ Cussons Indonesia Nadya Sururi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)