News Trend

RAHASIA DI BALIK MEREK IKONIK: 5 FAKTOR KUNCI YANG MEMBENTUK KESUKSESAN MEREK ABADI

4. Selalu unggul dari pesaing

Keuntungan menjadi pelopor juga dapat membantu merek mencapai kesuksesan segera. Tetapi tidak ada hal seperti penawaran merek yang benar-benar unik. Bahkan jika merek menciptakan kategori baru, begitu terbukti sukses, akan ada lebih banyak – dan kadang-kadang bahkan pesaing yang lebih baik – yang mulai muncul.

Coca-Cola mungkin yang pertama dalam jenisnya. Tetapi itu tidak menghentikan Pepsi untuk ikut serta dalam persaingan.

Inilah mengapa diferensiasi merek sangat penting. Merek ikonik memahami kekuatan produk berkualitas yang diperkuat oleh pemasaran strategis yang menjangkau emosi dan kebutuhan orang. Konsumen terdorong untuk membeli Coca-Cola untuk memuaskan dahaga mereka, meskipun bukan pilihan yang paling sehat, sebagian karena kemampuan merek tersebut untuk memberikan rasa bahagia ketika konsumen membuka kaleng dan mengambil tegukan pertama. Ini adalah koneksi bawah sadar namun kuat dengan kenangan indah dan tradisi keluarga.

Yang penting, nilai tidak dapat sepenuhnya bergantung pada harga. Harga sebagai diferensiasi kompetitif satu-satunya menyakiti merek dalam jangka panjang. Apakah ada yang masih ingat Royal Crown Cola?

5. Kepribadian merek yang khas.

Merek yang benar-benar ikonik memiliki kepribadian mereka sendiri, yang para penggemarnya dapat merasakan dan menghargai.

Dimulai dengan budaya perusahaan. Fokus Patagonia pada filantropi dan lingkungan membuatnya menjadi salah satu merek paling tepercaya dalam sejarah. Perusahaan ini juga mendukung produknya, menawarkan untuk memperbaiki atau menggantikan barang yang aus bertahun-tahun setelah pembelian. Ini memperkuat nilai Patagonia bagi pelanggan dan membuat mereka kembali.

Intinya adalah: sebuah merek menjadi ikonik ketika menunjukkan tujuannya dan mencocokkan itu dengan produk unggulan, pengalaman yang tak terlupakan, pemasaran cerdas, dan komitmen untuk mempertahankan “mengapa” mereka. Kepercayaan, kesetiaan, dan autentisitas adalah faktor kritis yang dapat membantu merek bangkit di atas perang harga dan mempertahankan status kepemimpinan mereka selama beberapa dekade mendatang.

Page: 1 2Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Gandeng Solventum dan PDGI, Cobra Dental akan Gelar “Denta Festiva 2025”

MIX.co.id - Cobra Dental berkolaborasi dengan Solventum dan PDGI Cabang Jakarta Pusat menggelar “Denta Festiva…

3 days ago

Rayakan HUT ke-25, One Piece x Tahilalats Gelar ‘Party at The Pier’

MIX.co.id – Dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-25, One Piece, salah satu seri…

3 days ago

Buka di Stasiun Gambir, Smartfolks Coffee Targetkan 300 Outlet di 2025

MIX.co.id - Berawal dari satu gerai di area Kampus Trisakti pada September 2019, kini Smartfolks…

3 days ago

Rayakan Re-Launching T-Rex 3, Amazfit Gelar “Gear Up for Adventure”

MIX.co.id – Amazfit, brand global dalam teknologi wearable, merayakan re-launching smartwatch Amazfit T-Rex 3 dengan…

3 days ago

Raisha Wirapersada, Media Relations Officer Multitalenta

MIX.co.id - Raisha Wirapersada memulai kariernya sebagai Fashion Stylist Assistant di Majalah Kartini pada 2010,…

3 days ago

Jelang Akhir Tahun, Asus Rilis Laptop Gaming Tipis Berteknologi AI

MIX.co.id - Belakangan ini, tren yang tengah terjadi di industri laptop adalah laptop ber-body yang…

3 days ago