Ramadan-Lebaran 2024, Penjualan Tiga UMKM Lokal Ini Melonjak di Platform Shop Tokopedia

MIX.co.id - Momen Ramadan-Lebaran 2024 dimanfaatkan oleh Tokopedia dan TikTok untuk semakin gencar berkolaborasi demi menghadirkan banyak inisiatif, mulai dari Beli Lokal hingga Ramadan Ekstra Seru. Program tersebut hadir untuk mendukung lebih dari 21 juta penjual di Tokopedia dan TikTok melalui Shop Tokopedia.

Dituturkan E-Commerce Communications Director Shop Tokopedia Nuraini Razak, pada konferensi pers yang dogelar akhir April ini (25/4), di Jakarta, “Kolaborasi tersebut membawa dampak yang positif pada tren belanja online masyarakat. Produk Groceries seperti produk-produk kebutuhan sehari-hari termasuk makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan diri, serta masih banyak lagi; Rumah Tangga; dan Fashion adalah beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024."

Lebih jauh ia menjelaskan, Tokopedia juga mencatat beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024. Di pulau Sumatra dan Jawa, Groceries, Rumah Tangga, dan Fashion menjadi produk yang paling laris. Sedangkan di pulau Kalimantan, beberapa kategori yang terlaris adalah Elektronik, Groceries, dan Rumah Tangga. Di pulau Sulawesi, Tokopedia mencatat kategori yang laris manis adalah Groceries, Elektronik, dan Fashion. Di pulau Papua, kategori Elektronik, Groceries serta Olahraga dan Hobi adalah beberapa kategori yang terlaris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024.

Sementara itu, pada Shop Tokopedia dalam aplikasi TikTok, produk Fashion Muslim Perempuan, Skincare, dan Makanan Ringan adalah beberapa kategori produk yang paling diburu masyarakat pada periode yang sama.

Sepanjang 23 Februari-5 April 2024, Tokopedia dan TikTok melalui Shop Tokopedia telah menghadirkan kampanye ‘Ramadan Ekstra Seru’ agar para penjual, terutama brand lokal, bisa mempromosikan dan menjual produknya di halaman khusus di Tokopedia dan Shop Tokopedia di aplikasi TikTok. Masyarakat juga bisa mendapatkan pilihan produk lokal yang semakin beragam dengan lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan Ramadan hingga Lebaran.

“Penjualan produk groceries dan elektronik masing-masing mengalami kenaikan penjualan hampir 2 kali lipat selama kampanye Ramadan Ekstra Seru berlangsung di Tokopedia sepanjang 23 Februari-5 April 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sedangkan produk fesyen melonjak hampir 2,5 kali lipat,” terang Nuraini.

Selain itu, TikTok melalui Shop Tokopedia juga mencatat penjualan rata-rata pelaku usaha yang mengikuti kampanye Ramadan Ekstra Seru naik lebih dari 3 kali lipat dibandingkan rata-rata mingguan pada Februari 2024.

Tokopedia bersama TikTok juga terus menggencarkan kampanye ‘Beli Lokal’ untuk mempermudah masyarakat untuk belanja online produk brand dan UMKM lokal, termasuk saat momen Ramadan-Lebaran 2024. Beli Lokal merupakan komitmen keberlanjutan dari Tokopedia dan TikTok untuk mendukung brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

“Kampanye Beli Lokal membawa dampak positif bagi penjualan sejumlah pelaku usaha lokal di Tokopedia bahkan selama Ramadan 2024. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan transaksi sejumlah brand lokal dari berbagai kategori di Tokopedia yang mengikuti kampanye Beli Lokal, dengan rata-rata kenaikan 9 kali lipat, khususnya sepanjang bulan Ramadan tahun 2024 jika dibandingkan bulan Ramadan tahun 2023 lalu,” lanjut Nuraini.

Di Shop Tokopedia pada aplikasi TikTok, tercatat juga bahwa volume pesanan yang terjadi di kampanye Beli Lokal yang meningkat 2,5 kali lipat pada Februari 2024 jika dibandingkan rata-rata volume pesanan pada September 2023. Tokopedia bersama TikTok melalui Shop Tokopedia juga membagi kisah inspiratif Tulus Skin, Jenna and Kaia, dan Hijrahfood Meatshop yang telah membantu masyarakat Indonesia memenuhi kebutuhan sepanjang Ramadan-Lebaran.

Salah satu Pemilik Usaha Tulus Skin Jessica Anggrainy mengatakan, “Sejak awal bergabung Tokopedia dari tahun 2021 sampai saat ini, omzet Tulus Skin mengalami kenaikan hingga 5 kali lipat. Sistem rekomendasi TikTok yang berbasis konten membuka peluang bagi kami untuk memperluas jangkauan ke lebih banyak masyarakat. Itulah mengapa kami juga memanfaatkan platform Shop Tokopedia agar konten kami dapat ditemukan oleh komunitas dengan minat yang sesuai. Kami bahkan rutin mengikuti kampanye, termasuk Beli Lokal dan Festival Ramadan Ekstra Seru. Penjualan kami selama Ramadan-Lebaran 2024 pun bisa meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan hari biasa."

Sementara itu, dikatakan Pemilik Usaha Jenna and Kaia Lira Krisnalisa, sejak bergabung di Tokopedia pada 2018 dan aktif mengikuti berbagai kampanye online di Tokopedia, termasuk Tokopedia Fashion selama bulan Ramadan 2024, penjualan Jenna and Kaia meningkat hingga 3 kali lipat dibandingkan sebelum mengikuti kampanye tersebut. "Saat ini, Jenna and Kaia semakin aktif berjualan melalui Shop Tokopedia di aplikasi TikTok, khususnya menggunakan fitur Live yang tidak hanya memudahkan pengguna untuk melihat try on produk kami, tetapi juga dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi," ujarnya.

Pemilik Usaha Hijrahfood Meatshop Akram Amrullah Rajab juga mengemukakan hal senada. Sejak bergabung di Tokopedia, ia memanfaatkan berbagai kampanye seperti Beli Lokal dan Ramadan Ekstra Seru. “Selama mengkuti kampanye Ramadan Ekstra Seru, penjualan kami meningkat hingga 3 kali lipat. Bahkan, penjualan daging rendang melonjak hingga 10 kali lipat selama Ramadan dibandingkan hari biasa. Selain Tokopedia, Hijrahfood Meatshop juga memanfaatkan TikTok untuk mendapatkan exposure dan brand awareness. Dalam waktu dekat ini, kami juga akan lebih fokus memanfaatkan Shop Tokopedia untuk menggaet pelanggan baru,” ia menutup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)