Ramadhan Rush 2021, Menangkan Hati Konsumen dengan Pengalaman Mobile-first yang Tepat

Pandemi semakin mengubah perilaku konsumen secara pasti. Pada “Ramadhan Rush” tahun ini, 74% konsumen berencana berbelanja untuk keluarga dan hanya 40% yang ingin mudik ke kampung halaman.

Selain itu harap diingat, 2 dari 3 konsumen akan memanfaatkan perangkat smartphone untuk belanja. Dan keranjang belanja mereka mayoritas akan diisi dengan pakaian, bahan makanan dan paket hadiah.

Data tersebut terungkap dalam laporan Ramadhan 2021 terbaru yang dirilis oleh InMobi, pemasar cloud terkemuka di dunia. Laporan berjudul “Building Resilient Brands: Gearing up for Ramadan 2021”  itu  menyoroti temuan berdasarkan survei terhadap lebih dari 1,000 konsumen Indonesia yang terhubung di seluruh Indonesia, dilakukan melalui InMobi Pulse, platform intelijen konsumen mobile.

Dari survey tersebut terdapat data bahwa, 61% responden melaporkan penurunan pendapatan dalam kondisi New Normal sekarang. Karena kondisi tersebut, mudah dipahami jika 79% responden berencana untuk melakukan pembelian hanya selama bulan Ramadhan saja.  Perilaku konsumen yang semakin menahan diri ini merupakan perubahan dramatis dari tahun 2020. Tahun lalu, 77% konsumen sudah merencanakan pembelian jauh-jauh hari dan hanya 33% yang memilih untuk belanja selama Ramadhan.

Bahkan 62% kaum milenial yang biasanya impulsive pun belum memutuskan brand atau produk apa yang akan mereka beli di tahun 2021 ini. Secara umum, 57% responden belum memutuskan produk kategori yang akan mereka beli.  Selain itu, 82% wanita tidak merencanakan pembelian mereka, menjadikan segmen ini masuk ke dalam kategori pembeli impulsif yang jauh lebih banyak daripada pria.

Peran Mobile di Ramadhan

Update lain, Smartphone menjadi sangat penting bagi konsumen selama Ramadhan. Melalui gawai pintar ini, konsumen akan menjelajahi, mempelajari dan membeli brand atau produk yang ingin dibeli. Jumlah mereka tumbuh secara fenomenal, di mana 84% memilih mengeksplorasi belanja Ramadhan mereka melalui mobile, dibandingkan dengan sumber lain seperti di dalam toko fisik dan desktop. Mobile juga muncul sebagai saluran pembelian yang paling disukai konsumen dengan 63% responden mengandalkannya untuk berbelanja di bulan Ramadhan.

Bagaimana ritual belanja daring  mereka sekarang? Sebanyak 53% responden mempelajari dan menjelajahi promo Ramadhan melalui smartphone. Dan sebaliknya, hanya 6% generasi milenial yang mengandalkan televisi untuk mendapatkan pengetahuan informasi terbaru tentang brand  atau produk yang mereka butuhkan pada Ramadhan session tahun ini.

Menariknya, 61% wanita menggunakan smartphone mereka untuk menemukan produk/layanan, sementara 58% keluarga dengan anak-anak mengandalkan smartphone mereka untuk hal yang sama.

Brand Perlu Ingat ini

Meskipun tahun 2020 sudah masuk masa sulit, brand boleh lega, masyarakat Indonesia ternyata masih bersemangat merayakan Ramadhan di tahun 2021. Meski cenderung sadar harga dan impulsif, konsumen tetap tertaik untuk menjelajahi promo-promo Ramadhan, dan berbelanja melalui smartphone.

Karena itu, InMobi menyarankan bagi brand yang akan berinvestasi dalam Ramadhan session tahun ini, sebaiknya membangun pengalaman mobile-first yang tepat untuk memenangkan hati konsumen Ramadhan di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)