MIX.co id - Tokopedia dan ShopTokopedia terus mendukung pelaku usaha untuk menawarkan pengalaman belanja online yang lebih menarik dan interaktif melalui fitur Live Shopping di ShopTokopedia.
"Pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping," jelas Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce Melissa Siska Juminto.
Salah satu cara meningkatkan penjualan live shopping adalah berkolaborasi dengan kreator konten sekaligus afiliator. Saat ini, ada lebih dari 8 juta kreator yang mendapatkan penghasilan dari ShopTokopedia. Lewat kolaborasi, brand lokal bisa meningkatkan penjualan, sedangkan afiliator bisa memperoleh penghasilan," jelas Melissa.
Fitur Live Shopping di ShopTokopedia sangat diminati masyarakat, termasuk saat ada momentum gajian maupun tanggal kembar. Hal ini terbukti dari data internal yang mencatat bahwa pada jam pertama puncak "Promo Guncang" 11.11 tahun ini, nilai transaksi di ShopTokopedia melalui fitur Live Shopping di TikTok meningkat hingga 26 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata transaksi harian.
Sementara itu, berdasarkan Riset Katadata Insight Center bersama dengan Tokopedia dan ShopTokopedia, pada 2024,
Fitur Live Shopping di ShopTokopedi, ada berbagai alasan dari konsumen yang langsung mencari produk lewat pencarian fitur live shopping, di antaranya di live shopping banyak promo (72%), dapat mengetahui deskripsi atau spesifikasi produk secara lebih mendalam (67%), dan lebih percaya terhadap kualitas produk setelah diperlihatkan saat sesi live shopping (62%).
Dominasi nonton live shopping hingga produk yang diincar selesai dibahas dan dapat promo terbaik cenderung merata di setiap demografi. Jika dilihat berdasarkan gender, kecenderungan menonton live shopping hingga produk yang diincar selesai dibahas terlihat sangat menonjol pada konsumen perempuan (69%).
Jika dilihat berdasarkan domisili, konsumen di Makassar (30%) dan Surabaya (29%) lebih banyak yang menonton sesi live shopping hingga rasa penasarannya tuntas dibanding kota-kota lainnya.
Dan, masyarakat paling sering melakukan transaksi di live shopping ketika ada promo tanggal kembar (66%) dan flash sale (63%).
Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa 87% dari masyarakat menilai penting adanya cerita menarik di balik produk lokal yang ditampilkan saat live shopping.
Minimal merupakan salah satu contoh brand yang turut memanfaatkan platform Tokopedia dan ShopTokopedia. Berdiri sejak tahun 2002 di bawah naungan PT Mega Perintis Tbk (ZONE), Minimal hadir sebagai brand yang berkomitmen memenuhi kebutuhan pakaian wanita yang berkualitas, nyaman dipakai, dan terjangkau. Sejak awal, Minimal fokus pada penjualan secara offline, serta sukses mempertahankan 70 showroom, yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, termasuk di Jayapura.
Meski telah sukses memperkuat pasar offline, Minimal mulai membuka toko online di Tokopedia pada Mei 2017. Namun, fokus terhadap penjualan online baru dimulai pada 2020 tepat saat COVID-19 melanda. Langkah ini diambil sekaligus sebagai respons terhadap tantangan persaingan bisnis, dan upaya memperluas pasar, serta menjangkau Generasi Z, yang lebih cenderung berbelanja secara daring.
Sejak memanfaatkan Tokopedia, Minimal merasakan dampak positif hingga...