Ramaikan Pasar Ritel Perlengkapan Rumah Tangga, HIAS Hadir di Tiga Kota

20161110_115858-1

Meski industri ritel di Tanah Air masih tercatat lesu akibat perlambanan ekonomi, namun pertarungan di sektor ritel perlengkapan rumah tangga masih tetap bergairah. Terbukti, ritel lokal HIAS, resmi merilis tiga gerainya hari ini (10/11) di Indonesia. Tepatnya, di Supermal Karawaci-Tangerang, Botani Square-Bogor, dan Mall Level 21-Bali. Kehadiran HIAS menambah ramai pasar ritel perlengkapan rumah tangga di Indonesia. Setelah sebelumnya, Ace Hardware, Informa, Ikea, dan Courts sudah lebih dulu hadir.

 

Dijelaskan Kuswanto Gunadi, Presiden Direktur PT Hias Ritel Indonesia, "HIAS mengusung konsep home living yang akan membuat ruangan di dalam rumah sebagai bagian dari refleksi diri, sehingga menjadi lebih nyaman, indah, dan bergaya. Konsep seperti diharapkan dapat menjadi solusi bagi konsumen yang ingin mendekorasi rumah mereka."

 

Keyakinan manajemen HIAS terhadap pontensi pasar ritel di Indonesia ditunjukkan dengan maraknya pertumbuhan hunian seperti apartemen. "Oleh karena itu, selain menyasar pasar ritel atau end user, kami juga menggarap pasar B2B (Business to Business) seperti apartemen dan hotel," lanjutnya.

 

Sebagai pendatang anyar dipasar ritel perlengkapan rumah tangga, HIAS pun menyiapkan sejumlah strategi pemasaran dan komunikasi. Strategi pertama, produk yang berbeda, eksklusif, dan berkualitas. "Ada beberapa produk eksklusif yang hanya dijual di HIAS dan tidak dijual di gerai lain," ujar Kuswanto, yang menyebutkan bahwa produk-produk di HIAS 50% adalah produk lokal dan 50% produk impor.

 

Kedua, harga yang ditawarkan HIAS cukup kompetitif. Ketiga, HIAS menggelar program promosi yang istimewa guna menarik pengunjung. "Contohnya, setiap pembelanjaan atau transaksi Rp 500 ribu dan kelipatannya, konsumen berhak memperoleh gift card senilai Rp 100 ribu," lanjutnya.

 

Keempat, menghadirkan konsep gerai Home Living yang membuat pengunjung dapat terinpirasi untuk melakukan inovasi dekorasi di ruang kantor maupun rumah mereka. Misalnya, dengan menyajikan visual merchandise yang cantik dan eye level, sehingga menciptakan ambiance yang nyaman bagi pengunjung.

 

Kelima, dari sisi komunikasi dan branding, HIAS melakukan pendekatan Public Relations (PR) lewat media gathering, social media, dan media konvensional seperti media cetak dan brosur. "Tahun depan, kami berencana menambah 2-3 gerai baru. Kami memang konservatif untuk penetrasi, karena kami fokus pada kualitas, bukan kuantitas," tutup Kuswanto, yang menyebutkan bahwa produk-produk HIAS juga bisa diperoleh di market place e-Commerce.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)