RDS Label Solution Edukasi Pegiat UMKM melalui Seminar SHERPA

MIX.co.id - RDS Label Solution kembali menggelar seminar SHERPA, pada awal tahun 2024. Seminar tersebut kembali menyapa penggiat UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan industri di Jakarta dan Yogyakarta.

Seminar SHERPA selalu dilaksanakan setiap tahun guna mendukung para pelaku UMKM dan industri di sektor label dan percetakan, termasuk memperkenalkan teknologi terbaru dan solusi yang tepat untuk bisnis mereka.

Pada seminar SHERPA seri Jakarta, RDS Label Solution mengusung tema Embrace The Future of Digital Technology for Wristband Business. Program tersebut diinisiasi untuk menyediakan platform bagi para pelaku industri untuk memahami dan mengadopsi teknologi digital terkini dalam bisnis gelang sebagai elemen inti sebuah acara untuk pengalaman yang terbaik pesertanya. Acara ini turut dihadiri oleh para pelaku industri dari event organizer hingga ticketmaster.

“Jenis material gelang menjadi faktor penting dalam memproduksi jumlah besar. Ketika diproduksi bahan yang dipilih haruslah memiliki pasokan yang mencukupi dan dapat diakses dengan mudah. Kemudian, bahan harus mudah untuk dicetak, dipotong, dan tahan di berbagai cuaca ketika digunakan dan tentunya nyaman dan mudah dikenakan,” terang Yusuke Imai dari PT YUPO Corporation.

Selanjutnya, Seminar SHERPA hadir menyapa pelaku UMKM Yogyakarta di Burza Hotel Yogyakarta, pada awal Maret lalu. Mengusung tema "Go Big, Berani Tampil Beda", Seminar SHERPA kali ini mengajak UKM binaan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul dan pelaku UKM sekitar yogyakarta.

Program terdiri dari rangkaian sesi edukasi bersama pembicara yang ahli di bidangnya. Salah satu pembicara yang hadir, yakni Herlian Santoso, dari pihak PT EPSON Indonesia. "Desain kemasan menjadi bagian dari brand image, dimana di beberapa kasus mampu mendorong daya jual sebuah produk tapi juga sebaliknya," kata Herlian.

Dia turut membagikan sejumlah case study dengan kesimpulan bahwa harga produk dan desain kemasannya seringkali berkaitan secara langsung. Desain kemasan yang menarik perhatian dapat meningkatkan persepsi nilai produk di mata konsumen, sehingga memungkinkan pelaku usaha untuk menetapkan harga yang lebih tinggi.

Lebih jauh ia menekankan, “Konsep branding bisa diartikan sebagai sebuah konsep membangun ikatan emosional antara produk kita dengan konsumen, sehingga konsumen mampu mengenali produk kita dengan mudah.”

Selain itu, pentingnya konsep branding untuk sebuah produk, menurutnya, yakni mengkomunikasikan nilai, kualitas, dan citra merek kepada konsumen. Dalam konsep ini, tidak hanya aspek fungsional dari produk yang dipromosikan, tetapi juga nilai-nilai, citra, dan pengalaman yang terkait dengan merek tersebut tertera dari kemasannya.

Pada sesi penutup, Trainer yang juga Ketua Karo Creative Hub & Co-Founder Kultura Collectiva Dewi Bukit menambahkan bahwa selain desain kemasan, label yang juga tertera pada kemasan mengandung informasi penting bagi para konsumen dalam membeli produk.

“Perlu diperhatikan jenis label seperti apa yang harus tertera pada kemasan dari label merek, label deskripsi produk, label sertifikasi, label gizi, dan lain-lain. Pilihlah Jenis label yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan produk," ucapnya.

Program SHERPA akan tetap hadir membagikan ilmu dan informasi terbaru bagi pelaku bisnis maupun usaha menengah untuk berkarya di sektor dan bidangnya masing masing tentunya dengan teknologi yang tepat dan terbaru. Selain itu, program SHERPA diharapkan mampu membuka kesempatan bagi peserta untuk membangun jaringan dengan para profesional dan pemangku kepentingan lain dalam industri label. Mereka dapat berjejaring guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan bisnis mereka di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)