MIX.co.id - M&C Saatchi Indonesia resmi diakuisisi oleh Anish Daryani. Saham sebesar 55% M&C Saatchi Group telah dibeli oleh Anish dengan harga yang dirahasiakan. M&C Saatchi Indonesia sendiri didirikan pada 24 Januari 2018 lalu sebagai kemitraan antara M&C Saatchi Group dan Anish Daryani, Dami Sidharta, dan Elki Hendria.
Anish Daryani yang merupakan pendiri dan Presiden Direktur M&C Saatchi Indonesia sekaligus Chief Growth Officer untuk Asia Tenggara serta Zillah Bing-Thorne, CEO M&C Saatchi Group dan Chair dari M&C Saatchi Plc., menegaskan bahwa kemitraan ini adalah yang saling menguntungkan selama enam tahun terakhir. Sepanjang kemitraan tersebut, telah terjalin hubungan simbiosis antara entitas Indonesia dan M&C Saatchi (Grup).
Indonesia juga telah berkontribusi sepenuh hati terhadap ambisi Grup dalam mendorong pertumbuhan, keuntungan, dan pengakuan untuk merek M&C Saatchi. Namun, dengan ambisi manajemen lokal untuk membuat bisnis Indonesia menjadi independen, keputusan bersama telah diambil, untuk menjual kepentingan Grup dalam bisnis ini kepada Anish Daryani.
Bersamaan dengan akuisisi tersebut, M&C Saatchi Indonesia akan melakukan rebranding menjadi entitas baru pada Januari 2024. Bisnis dengan semua klien, talents, mitra, dan vendor akan terus bekerja sama di bawah entitas baru tersebut. Perusahaan baru itu akan menjalankan bisnis dari lokasi yang sama, yakni Menara Sentraya, Jakarta Selatan, Indonesia. Meskipun bisnis kreatif, digital, PR, dan aktivasi Indonesia menjadi independen, M&C Saatchi Performance akan terus beroperasi di Indonesia dalam entitas hukum yang terpisah.
Diungkapkan Anish Daryani, "M&C Saatchi adalah salah satu merek terkuat dalam bisnis ini, dan telah menjadi kehormatan hidup saya untuk melayani selama enam tahun terakhir. Kami memulai M&C Saatchi Indonesia hanya bertiga (bersama Dami dan Elki), dan telah berkembang menjadi tim seratus orang. Kami telah meraih banyak penghargaan Agency of the Year selama bertahun-tahun, termasuk penghargaan Cannes Lion pertama kami, menarik bakat-bakat terbaik, dan membangun bisnis yang tangguh. Di sini, saya telah belajar dengan sangat banyak, dan membentuk ikatan yang kuat dengan teman-teman dari seluruh dunia dan seluruh jaringan.”
Namun, sebagai pengusaha kreatif, beberapa ambisi Anish Daryani hanya dapat tercapai sebagai entitas independen, yang sayangnya berarti saya harus keluar dari grup. “Saya bersyukur atas semua kenangan baik yang telah kita bagi bersama, dan Zillah atas persetujuan kesepakatan ini, yang membantu saya menuju ambisi saya. Bagi M&C Saatchi Group, saya akan terus menjadi sahabat yang dapat diandalkan. Saat kita mengambil langkah pertama kami yang kedua, kami berharap dapat terus melayani klien kami dengan tingkat gairah dan integritas yang sama, serta menetapkan standar lebih tinggi di industri ini,” lanjutnya.
Ditambahkan Zillah Bing-Thorne, CEO M&C Saatchi Group dan Chair M&C Saatchi Plc., "Kami telah menikmati hubungan kami dengan Anish dan mengharapkan yang terbaik bagi dia dan rekan-rekannya dalam usaha baru mereka."
Saat ini, klien yang telah mempercayakan kampanye komunikasinya kepada M&C Saatchi di antaranya PermataBank, Bytedance, Sampoerna – Philip Morris, Tempo Scan Group, Unilever, Kimia Farma, Mundi Pharma, Mastercard, Grab, LG, Pertamina, Kemenperekraf (Wonderful Indonesia), Asian Paints, Adaro Energy, Ismaya Group, dan Astra Credit Company.