Resmi Diluncurkan, Ini Solusi yang Ditawarkan Platform Tokko untuk UMKM

MIX.co.id - Tokko, platform bisnis untuk segmen UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah), resmi diluncurkan pada akhir September ini (25/9) secara virtual. Peluncuran virtual platform Tokko ini juga dihadiri oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

Lorenzo Peracchione, Founder & CEO Tokko, mengajak para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka di platform digital melalui aplikasi Tokko yang bisa diunduh di Google Play Store. “Tokko adalah platform yang bisa digunakan pedagang dengan mudah untuk membangun bisnis online mereka," ucapnya.

Tokko juga membuka akses ke konsumen, sehingga pedagang akan mudah meningkatkan jumlah pelanggan dengan lebih cepat. "Kami tim Tokko akan mendukung semua pelaku usaha. Sebab, kami percaya bahwa bisnis Anda, brand Anda, dan pelanggan Anda, adalah kunci kesuksesan,” ucap Lorenzo.

Ditambahkan Bobby Silalahi, VP Community Tokko, 9 dari 10 UMKM yang masih aktif mengakui bahwa pandemi berkepanjangan mempengaruhi pendapatan mereka secara signifikan. Sementara itu, pedagang saat masuk ke platform e-commerce berhenti pada aktivitas menaruh foto produk barang di dalamnya. Hal ini tentu tidak cukup untuk membangun bisnis jangka panjang yang berbasis pelanggan.

“Berjualan di e-commerce mirip seperti berjualan di pujasera, semua toko terlihat serupa dengan menu yang hampir sama. Kalau ada satu menu yang kemahalan, maka pelanggan akan pindah ke lapak dengan harga lebih murah,” papar Bobby memberikan gambaran situasi pedagang online yang terjebak pada siklus perang harga yang tidak berujung.

Kebanyakan pelaku UMKM kini menjemput bola dengan menjual langsung ke pelanggan melalui aplikasi messenger atau media sosial. Tapi, tentunya semua ini merepotkan karena semua operasional dilakukan secara manual dari mencatat pesanan sampai memeriksa transaksi pembayaran.

Tokko pun menawarkan solusinya. Melalui platform aplikasi Tokko, pelaku UMKM bisa membuat website resmi mereka sendiri hanya dengan bermodalkan smartphone. Salah satu keunggulan dari memiliki website resmi sendiri adalah identitas brand pelaku UMKM akan tertap terjaga. Ini jelas berbeda dengan berjualan di e-commerce atau marketplace yang hampir tidak memperhatikan branding.

“Lalu yang paling penting, setelah memiliki website resmi, kita akan membangun hubungan yang terus-menerus dengan pelanggan. Di Tokko, ada fitur daftar pelanggan yang memudahkan pelaku usaha menghubungi pelanggan setia kamu,” tambah Radix Juniardi Hidayat, Lead Product Manager Tokko.

Selain itu, lanjutnya, Tokko juga sudah terintegrasi dengan berbagai macam opsi pengiriman, baik regular, ekspres, same day, sampai instan yang disediakan oleh partner logistik mereka. Fitur terbaru dari Tokko yang tidak didapatkan di platform lainnya adalah, para pelaku bisa mengelola iklan online yang sudah terintegrasi dalam platform Tokko seperti iklan Facebook, Instagram, dan Google untuk menjangkau pelanggan baru.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)