SALLI, Layanan Purna Jual Berbasis AI "Product & Service of the Year 2022" Blue Ocean Service Innovation Category

MIX.co.id - Pandemi Covid-19 mengubah perilaku konsumen. Penerapan protokol kesehatan seperti social distancing menuntut layanan yang serba digital (online). Menyadari hal tersebut, PT Sharp Electronics Indonesia melakukan adaptasi layanan dengan mengadopsi teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI).

Teknologi berbasis AI itu diterapkan pada layanan purna jual terbarunya, yakni Sharp Artificial Intelligence Virtual Assistant (SALLI). Layanan ini menjawab kebutuhan konsumen terkait informasi lengkap mengenai produk dan layanan service center hanya dengan menggunakan ponsel.

Customer Care Center Head PT Sharp Electronics Indonesia Rita Sulistyani mengatakan, SALLI hadir sebagai bentuk dukungan Sharp dalam memberikan fasilitas terbaik kepada konsumen“Hadirnya layanan ini menjadi jawaban dari kebutuhan konsumen yang kesulitan untuk meluangkan waktunya pada jam kerja. Respons instan dan pendataan yang akurat menjadi poin penting layanan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan komunikasi,” ujarnya.

Layanan konsumen berbasis AI umumnya banyak diterapkan di perusahaan perbankan. Sharp sebagai pemain utama di pasar eletronik Indonesia tidak mau kalah berinovasi, yakni dengan menghadirkan SALLI, diluncurkan akhir tahun 2021 untuk memberikan layanan informasi 24 jam kepada para konsumen.

SALLI dapat diakses dengan menghubungi WhatsApp bisnis Sharp pada nomor 0811-8205-666. Konsumen cukup mengirimkan pesan, lalu SALLI akan merespons dengan mengirimkan jawaban berupa opsi layanan seputar purna jual, informasi mengenai program penjualan terkini hingga layanan customer service.

SALLI juga memberikan informasi detail seputar layanan purna jual mulai dari permintaan layanan servis, informasi lokasi service center Sharp hingga jadwal kunjungan teknisi. Sistem dapat mencatat pendataan konsumen, produk yang digunakan dan kebutuhan purna jual yang dibutuhkan oleh para konsumen.

Tidak hanya itu, Sharp Indonesia juga menyediakan layanan digital yang dapat diakses pelanggan melalui situs website, hotline dan aplikasi Sharp ID. Layanan servis digital ini ditujukan untuk memperkuat layanan purna jual yang sudah dimiliki Sharp sebelumnya berupa 24 kantor Service Center, 47 Sharp Direct Service Station (SDSS), 328 Sharp Authorized Service Station (SASS) dan 46 Sharp Service Representative (SSR) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Diakui Rita, kehadiran SALLI dapat menekan biaya operasional, baik dari segi teknis maupun non teknis. Alur kerja yang semakin ringkas dan sederhana juga membantu perusahaan untuk memberikan layanan prima bagi para konsumen. “Tujuan utama dari diluncurkan layanan terbaru Sharp Indonesia adalah memuaskan para konsumen di seluruh Tanah Air agar selalu merasa aman dan nyaman saat menggunakan beragam produk dari Sharp,” katanya. Sejauh ini, SALLI telah digunakan oleh lebih dari 30.000 pelanggan Sharp di Indonesia yang memiliki pertanyaan seputar fitur, proses perbaikan produk dan titik layanan offline.

Layanan inovasi SALLI yang dihadirkan oleh Sharp Indonesia, menurut juri Amalia Maulana PhD, AssociateProfessor dari Binus University, tergolong inovasi level tertinggi (revolutionary service) dengan nilai investasi medium dan tingkat risiko yang juga medium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)