MIX.co.id – Berawal dari satu produk, IDN Times, satu dekade lalu, kini IDN Media telah bertransformasi menjadi perusahaan teknologi konsumen multifaset yang dikenal dengan nama IDN.
Evolusi ini mencakup berbagai bisnis, termasuk livestreaming, creators economy, talent management, festival musik, rumah produksi film, dan bahkan lembaga riset.
Masing-masing produk tersebut merupakan komponen yang saling terhubung dalam satu ekosistem yang kohesif, didorong oleh kemajuan teknologi.
Esensi dari transformasi IDN sangat berakar pada komitmennya terhadap Indonesia dan generasi mudanya. Seperti yang disampaikan CEO IDN, Winston Utomo, CEO IDN, yakni inti dari apa yang dilakukan tercermin dalam nama IDN = Indonesia.
Menurutnya, tidak ada bangsa yang besar tanpa generasi muda. Ia percaya pada kekuatan generasi muda.
“Keyakinan bahwa pemuda adalah arsitek masa depan mendorong visi dan misi IDN untuk menjadi katalisator bagi bangsa yang lebih baik dan berpengetahuan,” papar Winston, dalam keterangan pers, Selasa (11/6), di Jakarta.
Sifat multifaset dari ekosistem IDN adalah kunci untuk memahami transformasi luar biasa ini. Setiap usaha dalam ekosistem IDN memiliki tujuan strategis, berkontribusi pada misi yang lebih luas untuk memberdayakan generasi muda Indonesia dan mendemokratisasikan informasi.
Untuk mencapai hal tersebut, IDN berkembang menjadi consumer tech platform dan ekosistem yang melayani generasi muda Indonesia. “Dengan langkah ini, IDN bertujuan membangun masyarakat yang berpengetahuan dan siap menyongsong masa depan yang lebih baik,” imbuhnya.
Dengan transformasi ini, IDN memiliki fokus empat unit bisnisnya. Dalam Livestreaming, IDN sedang membangun platform livestreaming interaktif dan edukatif dengan konten informatif dan menarik untuk menjangkau audiens lebih luas sekaligus mendorong interaksi secara real-time.
Pada unit ekonomi kreator (creators economy), IDN berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh bagi para kreator konten untuk berinovasi dan mencapai kesuksesan di era digital, termasuk menyediakan sumber daya, platform, dan dukungan finansial.
Pada hiburan, IDN memproduksi konten hiburan berkualitas sesuai dengan minat dan kebutuhan generasi muda Indonesia, mulai dari festival musik, grup idola hingga produksi film. Sedangkan pada media digital, IDN menyampaikan informasi dan berita yang akurat, terpercaya, dan relevan yang disesuaikan dengan gaya hidup generasi muda.
"Selama sepuluh tahun terakhir, kami telah bekerja keras untuk tetap setia pada komitmen kami dan menyaksikan kekuatan luar biasa dari usaha kolektif,” tandas COO IDN, William Utomo. ()