Erwin Yusran, Country Business Manager Dell Indonesia
Seiring dengan tren big data, pasar server di Indonesia pun makin menjanjikan. Terbukti, Indonesia menjadi negara tertinggi kedua di wilayah Asia Tenggara untuk pasar server, setelah Singapura yang menempati posisi pertama. Tak kurang dari 10 ribu unit terjual di setiap kuartalnya di Indonesia. Sementara Singapura, berhasil mencapai 25 ribu server setiap kuartalnya. Hal itu cukup dimaklumi, lantaran perusahaan-perusahaan berskala regional menempatkan data center dan kantor pusatnya di Singapura.
Menariknya, tren big data tak hanya terjadi di wilayah Jabodetabek (Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi). Tren big data mulai marak di daerah, di luar Jabodetabek. Dell Indonesia pun menangkap fakta itu sebagai peluang baru. Untuk itu, Dell Indonesia mulai serius menggarap pasar daerah.
Dijelaskan Country Business Manager Dell Indonesia Erwin Yusran, "Untuk menjawab kebutuhan pasar daerah, kami punya server Dell T20. Dengan kualitas yang bagus dan harga yang kompetitif, kami yakin Dell T20 dapat berkompetisi dengan kompetitor. Selain itu, kami juga added value sekaligus menjadi kekuatan kami berupa kehadiran after sales service di 333 kita di seluruh Indonesia."
Selain harga yang kompetitif dan kekuatan layanan purnajual (after sales service), Dell juga menawarkan tools management yang berfungsi untuk monitoring, server up date, automatic technical support; fitur fresh air untuk customer di daerah yang tidak tersedia AC, serta aneka garansi.
Diakui Erwin, pasar daerah memang masih concern dengan harga. Oleh karena itu, edukasi market tentang pentingnya after sales service serta fitur yang mampu menjawab kebutuhan bisnis kustomer--alias tak melulu harga--perlu dilakukan.
Sejumlah upaya dilakukan Dell Indonesia untuk melakukan edukasi market. Di antaranya, rutin menggelar kunjungan ke costumer. Termasuk, pendekatan personal di level direktur hingga IT manager di perusahaan. Dell juga menggelar reseller gathering, CIO event, distributor gathering, hingga paling anyar event Partner Education--yang tidak hanya bicara tentang product knowledge.
"Tahun ini, Dell Indonesia juga akan fokus pada dua segmen market, Telko dan perbankan. Sebab, dua semen itu diprediksi akan men-drive ekonomi Indonesia ke depannya. Untuk itu, dalam 2-3 tahun terakhir ini kami agresif melakukan penambahan SDM, meningkatkan edukasi, menambah channel partner, dan sebagainya," terang Erwin, yang menyebutkan kontribusi segmen korporat masih lebih tinggi yakni 65%, sisanya 35% adalah segmen ritel.