News Trend

SENI PERMINTAAN MAAF ISTANA: KESEMPATAN PEMULIHAN HUBUNGAN

Namun, penelitian terbaru oleh Coombs dan Holladay (2018) menunjukkan bahwa hanya mengakui kesalahan tidak cukup. Mereka menekankan pentingnya strategi respons krisis yang mencakup komponen-komponen seperti ekspresi empati, tawaran kompensasi, dan komitmen terhadap perubahan untuk mencegah kejadian serupa di masa depan. Dalam kasus kekisruhan di Istana Negara, permintaan maaf yang disampaikan perlu disertai dengan peninjauan kembali protokol keamanan dan manajemen antrean untuk memastikan bahwa kejadian serupa tidak terulang.

Selain itu, dalam konteks media sosial yang dinamis, penyebaran informasi tentang permintaan maaf juga menjadi penting. Media sosial tidak hanya menjadi alat untuk menyampaikan permintaan maaf tetapi juga untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat dan mendengarkan masukan atau kritik yang mungkin mereka miliki.

Hal ini sesuai dengan pandangan Luttrell dan Ward (2020) yang menyoroti pentingnya interaksi dua arah dalam komunikasi krisis dan pemulihan citra di media sosial.

Seni permintaan maaf di era modern memerlukan kepekaan terhadap konteks sosial, kecepatan respons, dan keterbukaan terhadap dialog dengan publik. Istana Negara, dalam merespons kekisruhan yang terjadi, telah menunjukkan kesadaran akan kebutuhan tersebut.

Namun, tantangan sebenarnya adalah bagaimana memastikan bahwa tindakan nyata diambil untuk mencegah kejadian serupa di masa depan, sekaligus memperkuat hubungan dengan masyarakat.

Referensi:

Baum, N., M.D., & Merlin, Alvin, MD,M.B.A., C.P.E. (2022). The Art of the Apology. Physician Leadership Journal, 9(5), 58-59. https://www.proquest.com/scholarly-journals/art-apology/docview/2714749132/se-2

Coombs, W. T., & Holladay, S. J. (2018). Ongoing Crisis Communication: Planning, Managing, and Responding. Sage Publications.

Luttrell, R., & Ward, M. (2020). Social Media: How to Engage, Share, and Connect. Rowman & Littlefield.

Roach, T. J. (2013). The Art of the Apology: Devoted to the Production and Sale of Rock and Clay Products. Rock Products, 116(12), 44.

https://news.detik.com/berita/d-7288110/permintaan-maaf-istana-usai-ricuh-di-open-house-hingga-ada-yang-pingsan Bagian Atas Formulir

Page: 1 2Lihat Semua

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Transvision Jalin Kerja Sama dengan Advance Digitals

MIX.co.id – Operator TV berbayar Transvision menjalin kerja sama strategis dengan Advance Digitals untuk memenuhi…

15 hours ago

Konsumen Indonesia Lebih Berhati-hati Berbelanja

MIX.co.id – Tingkat kepercayaan diri konsumen Indonesia ternyata tidak seoptimistis sebelumnya, yaitu setelah post-pandemic atau…

16 hours ago

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital, PINTU Perluas Edukasi Pasar

MIX.co.id - Data yang dirilis Statista menyebutkan, perusahaan fintech (financial technology) tumbuh signifikan dari 51…

22 hours ago

REJO Pamerkan Produk Inovatif di World Tobacco Asia 2024

MIX.co.id – REJO, merek produk perintis Heat Not Burn (HNB), berpartisipasi dalam pameran World Tobacco…

1 day ago

Gandeng Era Soekamto, Oreo Luncurkan Kemasan Bermotif Wastra

MIX.co.id - Merayakan Hari Batik Nasional, Oreo, sebagai brand unggulan dari Mondelez Indonesia, meluncurkan edisi…

1 day ago

Tokuyo Meriahkan Taiwan Excellence Happy Run 2024

MIX.co.id – Tokuyo, produsen alat kesehatan, mencuri perhatian pengunjung di ajang Taiwan Excellence Happy Run…

1 day ago